Puncak Arus Balik Terminal Poris Tangerang Diperkirakan 28-29 April

Ini bersamaan dengan kembalinya warga yang ikut mudik gratis

Tangerang, IDN Times - Geliat arus balik sudah terasa di Terminal Poris Kota Tangerang. Puncak arus balik di terminal ini diperkirakan akan terjadi pada 28-29 April 2023. 

Kepala Terminal Poris Plawad Kota Tangerang, Alwin Athena di Tangerang mengungkap,  puncak arus balik itu bersamaan dengan kembalinya masyarakat yang ikut dalam program mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub), yang berangkat sebelum lebaran.

Baca Juga: Viral Kakek di Serang Punya Tabungan Rp104 Juta!

1. Pemudik belum tentu turun di Terminal Poris Plawad

Puncak Arus Balik Terminal Poris Tangerang Diperkirakan 28-29 AprilPenumpang di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang ( ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Meski demikian, kata Alwin, pihaknya tidak bisa memperkirakan apakah semua  penumpang akan turun secara bersamaan di Terminal Poris Plawad. Pasalnya, ada beberapa yang turun di sejumlah halte dekat rumah.

“Jadi ada toleransi untuk masyarakat yang jika pulang itu turunnya di jalan. Karena, akses menuju rumah mereka itu lebih dekat dibanding bila turun di terminal,” kata Alwin, seperti dikutip dari Antara, Kamis (27/4/2023).

2. Masih ada pemudik yang membeli tiket setelah lebaran

Puncak Arus Balik Terminal Poris Tangerang Diperkirakan 28-29 AprilPenumpang di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang ( ANTARA FOTO/Fauzan)

Sementara itu pantauan di Terminal Poris Plawad, masih ada pemudik yang memesan tiket untuk ke luar kota melalui Terminal Poris Plawad. Lalu ada juga yang beberapa baru tiba dari daerah.

Pada Rabu (26/4/2023), kondisi terminal terpantau tidak ada kepadatan karena tak semua penumpang turun di terminal. 

3. Program mudik gratis untuk menekan angka kecelakaan

Puncak Arus Balik Terminal Poris Tangerang Diperkirakan 28-29 AprilIlustrasi program mudik gratis. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Sebelumnya, ada 3.048 orang yang ikut mudik gratis program Kemenhub RI dan diangkut dengan 78 bus pada 19 April lalu. Seluruh pemudik telah terdaftar dalam program mudik gratis yang dibuka Kemenhub sebelumnya.

Direktur Angkutan Darat Kemenhub yakni Suharto mengatakan program mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah merupakan salah satu cara untuk menekan angka kecelakaan.

”Mudik gratis ini juga salah satu cara kita untuk menekan angka kecelakaan dan sekaligus meningkatkan keselamatan serta kelancaran transportasi pada momen lebaran,” kata Suharto. 

Baca Juga: Pemkab Tangerang Siapkan Kuota 1.450 Mudik Gratis, Ini Cara Daftarnya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya