Pura-pura Jadi Calon Penumpang, Pria Ini Nyolong HP di Bandara Soetta

Pelaku SYS bahkan sampai pura-pura bawa troli

Tangerang, IDN Times - Aparat menangkap seorang pria berinisial SYS (24) karena diduga mencuri handphone milik penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Dalam menjalankan aksinya, SYS berpura-pura bawa troli. 

Dalam pemeriksaan polisi, SYS memang sengaja beraktivitas di sekitar area terminal keberangkatan sambil memantau calon korban.

"Begitu melihat ada barang milik korban yang tertinggal, pelaku langsung menghampiri dan mengambil barang milik korban," kata Kasatreskrim Bandara Soekarno-Hatta, Kompol Reza Fahlevi, seperti dikutip dari Antara, Rabu (16/2/2023). 

Baca Juga: Polisi Bongkar Sindikat Perdagangan Orang, 3 Pelaku Ditangkap di Soetta

1. Polisi mendalami motif pelaku SYS

Pura-pura Jadi Calon Penumpang, Pria Ini Nyolong HP di Bandara SoettaKasatreskrim Bandara Soekarno-Hatta, Kompol Reza Fahlevi (ANTARA/Azmi)

Setelah mengambil handpone korban, SYS kemudian meninggalkan lokasi. "Pelaku pun sempat menggunakan salah satu kendaraan umum yang disediakan oleh otoritas bandara," jelas Reza. 

Ia menyebutkan, tim penyidik dari Polresta Tangerang masih terus mendalami kasus dengan memeriksa pelaku SYS untuk mengetahui motif sebenarnya. "Untuk sementara ini dari yang bersangkutan belum menyebutkan, karena dalam proses pemeriksaan, pelaku masih belum mau mengakui perbuatannya," ujarnya.

2. Polisi menyita sejumlah barang bukti, SYS ditetapkan sebagai tersangka

Pura-pura Jadi Calon Penumpang, Pria Ini Nyolong HP di Bandara SoettaIlustrasi Tersangka. (IDN Times/Aditya Pratama)

Untuk mendalami kasus ini, polisi sudah menetapkan SYS sebagai tersangka dan menahan yang bersangkutan. "Tersangka dijerat dengan Pasal 362 KUHP dengan ancaman pidana 5 tahun penjara," kata Reza. 

Selain itu, polisi juga menyita sejumlah barang bukti, yakni satu kaus warna merah bermotif garis-garis horizontal warna putih, celana panjang abu-abu, kupluk, sweater, satu buah tas jinjing bertuliskan American Tourister berwarna abu-abu dan sebuah koper berwarna hitam dalam kondisi sobek.

3. Kronologi pengungkapan kasus pencurian handphone penumpang di Bandara Soetta

Pura-pura Jadi Calon Penumpang, Pria Ini Nyolong HP di Bandara SoettaAktivitas penumpang di Bandara Soekarno-Hatta. (dok. Angkasa Pura II)

Kasus ini terjadi pada Jumat (10/2/2023) dan berlokasi di  Terminal 3 Keberangkatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

Pengungkapan bermula dari laporan korban seorang pria berinisial MC, yang mengaku bahwa satu unit telepon selular merk Oppo Reno 8 5G dengan harga Rp9,9 juta telah hilang di area tunggu Terminal 3 Bandara.

"Korban menyadari saat hendak memasuki area naik pesawat, ada barangnya yang tertinggal. Kemudian korban melaporkan kehilangan itu kepada petugas Avsec (Aviation Security) Bandara Soekarno-Hatta," katanya.

Setelah adanya laporan tersebut, kata dia, tim Avsec langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat.  Kemudian, berdasarkan rekaman CCTV, penyidik berhasil mengetahui ciri-ciri dari pelaku yang diduga telah mengambil handphone korban. 

"Kami berkoordinasi dengan Avsec, kemudian melakukan langkah-langka penyelidikan. Kami berhasil mengidentifikasi pelaku dan akhirnya pelaku ditangkap tidak lama berselang," ungkapnya.

Baca Juga: September 2022, Bandara Soetta Jadi Bandara Tersibuk di ASEAN

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya