Ratusan Pengendara di Tangerang Kena Jaring Operasi Zebra 2022

Operasi Zebra memasuki hari ketiga

Tangerang, IDN Times  - Ratusan pengendara roda dua terjaring Operasi Zebra Maung 2022 yang digelar oleh Satlantas Polresta Tangerang di hari ketiga pelaksanaan. Mereka tidak mematuhi aturan lalu lintas. 

"Selama tiga hari Operasi Zebra, pelanggar yang dilakukan teguran sudah sampai seratusan lebih. Untuk pelanggar rata-rata kebanyakan tidak mematuhi aturan lalu lintas," kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polresta Tangerang Kompol Fikry Ardiansyah, seperti dikutip dari Antara, Kamis (6/10/2022). 

Baca Juga: Hujan Deras, Sejumlah Titik di Tangerang Raya Terendam Banjir

1. Operasi Zebra, polisi mengaku mengedepankan upaya preventif

Ratusan Pengendara di Tangerang Kena Jaring Operasi Zebra 2022Operasi Zebra di Tangerang ( ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Operasi penertiban itu dilaksanakan sejak 3 Oktober lalu, hingga 16 Oktober mendatang. Fikry menerangkan, Operasi Zebra 2022 dilaksanakan dengan mengedepankan upaya preventif.

"Seperti melanggar rambu-rambu lalu lintas, melawan arah, berkendara berpotensi terjadinya kecelakaan, tidak ada kelengkapan berkendara atau keselamatan," katanya.

2. Petugas utamakan lokasi rawan kecelakaan dan macet

Ratusan Pengendara di Tangerang Kena Jaring Operasi Zebra 2022Operasi Zebra 2022 di Banten (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Fikry juga mengungkap, Operasi Zebra Maung dilaksanakan setiap hari, namun waktu tidak ditentukan. Adapun lokasi yang menjadi sasaran operasi adalah jalur rawan terjadinya kecelakaan serta kemacetan.

"Titik-titik rawan kecelakaan, seperti di wilayah Cisoka, Balaraja, dan Cikupa serta di jalur arteri Tangerang," ujarnya.

3. Sasaran Operasi Zebra Polda Banten dan jajarannya

Ratusan Pengendara di Tangerang Kena Jaring Operasi Zebra 2022Operasi Zebra 2022 di Tangerang (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Fikry berharap, Operasi Zebra ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan lalu lintas dan disiplin saat berkendara di jalan raya.

Diberitakan sebelumnya, Wakapolda Banten Brigjen Pol Ery Nursatari menjelaskan bahwa Operasi Zebra Maung tahun 2022 melibatkan 400 personel Polda Banten, berikut Polres jajaran. "(Petugas) terbagi menjadi 4 Satgas yaitu Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Bantuan Operasi dan Satgas Gakkum," kata dia. 

Ery mengatakan, tujuan Operasi Zebra Maung 2022 adalah untuk menciptakan kondisi situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan, pelanggaran dan macet untuk meningkatnya ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Sasaran segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,” katanya.

Baca Juga: Operasi Zebra Dimulai, Polda Banten: Masih Bisa Tilang Manual 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya