SAR Banten Evakuasi 3 WN Inggris dari Kapal SAMC Transporter

Sebelumnya, kapal yacht mereka rusak di perairan Australia

Intinya Sih...

  • Tim SAR Banten evakuasi 3 WNA Inggris dari kapal SAMC Transporter setelah kapal yacht mereka rusak di Australia.
  • Permintaan evakuasi disampaikan oleh JRCC Australia melalui Basarnas Command Center (BCC) pada 13 September lalu.
  • Korban diserahkan ke pihak Imigrasi Kota Cilegon setelah tiba di Dermaga Bandar Bakau Jaya, Bojonegara pada Rabu pukul 02.35 WIB.

Serang, IDN Times  - Tim SAR Banten mengevakuasi tiga warga negara asing (WNA) berkebangsaan Inggris dari dari kapal SAMC Transporter. Sebelumnya, mereka diselamatkan kru kapal SAMC Transporter setelah kapal Yacht Water Music/2BVU5 yang mereka naiki rusak.

Kasi Ops Kantor SAR Banten, Hairu Amir mengatakan permintaan evakuasi disampaikan lewat surel oleh JRCC Australia melalui Basarnas Command Center (BCC) pada Jumat, 13 September lalu. 

Dalam surat itu terungkap bahwa pada 12 September 2024,  kapal Yacht Water Music/2BVU5 berbendera Inggris dengan tiga penumpang bermasalah saat berada di sebelah barat Pulau Cocos, Australia.

1. Ini daftar ketiga WN Inggris itu

SAR Banten Evakuasi 3 WN Inggris dari Kapal SAMC TransporterRefrendum Gibraltar (unsplash.com/@chrislawton)

Hairu menjelaskan, ketiga penumpang itu adalah Steven Foot (67), Ian Harrison (29), dan Richard Hill (65). Dia juga menjelaskan kronologi evakuasi tersebut. 

Bermula ketika kapal yacht yang ditumpangi ketiga WN Inggris itu rusak. Kemudian, ketiganya diselamatkan Kapal SAMC Transporter yang akan berlayar ke Qingdao, China, melewati Selat Sunda, Indonesia.

"Tiga korban tersebut meminta sandar di Indonesia dan akan bertolak ke Kedubes Inggris di Jakarta, dengan estimasi intercept Rabu pukul 00.30 WIB," ujar Hairu.

2. SAR Banten mengerahkan KN SAR Tetuka untuk evakuasi ketiga korban

Kantor SAR Banten kemudian menurunkan Tim Rescue dan mengerahkan KN SAR Tetuka untuk menjemput tiga korban pada Selasa, 17 September pukul 20.00 WIB di titik koordinat yang telah disepakati yaitu 5 51'0.00"S - 106 2' 60.00"E, sesuai dengan koordinasi dengan kru Kapal SAMC Transporter.

Kantor SAR Banten berkoordinasi dengan kru Kapal SAMC Transporter dan Vessel Traffic Service (VTS) Merak untuk mengetahui posisi kapal.

Tim SAR Banten tiba di Bandar Bakau Jaya Bojonegara, Kabupaten Serang tempat sandar KN SAR Tetuka, Selasa (17/9) pukul 21.00 WIB, kemudian bergerak ke titik intercept untuk mengevakuasi korban.

3. Operasi SAR selesai Rabu pukul 02.35 WIB

SAR Banten Evakuasi 3 WN Inggris dari Kapal SAMC TransporterTim SAR Banten mengevakuasi WNA dari Kapal SAMC Transporter di Dermaga Bandar Bakau Jaya, Kabupaten Serang, Rabu (18/9/2024). (ANTARA/HO-Kantor SAR Banten)

Operasi tersebut selesai pada Rabu pukul 02.35 WIB saat KN SAR Tetuka telah sandar di Dermaga Bandar Bakau Jaya, Bojonegara.

"Operasi dinyatakan selesai setelah korban diserahkan ke pihak Imigrasi Kota Cilegon, Banten," ujar Hairu.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya