Sebagian Wilayah Banten Diguyur Hujan saat Idul Fitri

Selamat merayakan Idul Fitri, tetap waspadai cuaca buruk

Serang, IDN Times - Sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat di hari perayaan Idul Fitri, Rabu (10/4/2024). Hujan ini dapat disertai dengan petir serta angin kencang.

Berdasarkan laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan diprakirakan turun di sejumlah wilayah di Indonesia dengan beberapa provinsi berstatus waspada akibat dari dampak hujan yang lebat.

Beberapa provinsi tersebut ialah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, Sumatra Utara, Sumatera Barat, Sumatra Selatan, Riau, Bengkulu, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, hingga Kalimantan Timur.

Selain itu, BMKG juga memprakirakan beberapa wilayah di provinsi Papua, Papua Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Jambi berstatus waspada akibat dari dampak hujan yang sangat lebat.

1. Sejumlah wilayah di Banten diguyur hujan ringan hingga sedang

Sebagian Wilayah Banten Diguyur Hujan saat Idul FitriBerdasarkan pantauan pada H-2 Lebaran 2024, situasi jalan tol terlihat lancar dibandingkan dengan H-3, namun masih terjadi antrean kendaraan yang akan memasuki Pelabuhan Merak. ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga)

Dilansir dari laman BMKG, sejumlah wilayah di Banten akan diguyur hujan ringan hingga sedang, mulai Rabu siang. Wilayah-wilayah yang diguyur hujan sedang, antara lain: Anyer, Ciruas, Kota Tangerang, Pandeglang, Rangkasbitung, Serang, Serpong, dan Tigaraksa. 

Sementara wilayah yang berpotensi diguyur hujan ringan, antara lain: Bayah, Binuangen, Bojonegara, Carita, Gunung Kencana, Kabupaten Lebak, Kota Cilegon, Labuan, Malingping, dan Pelabuhan Merak.

2. DKI Jakarta juga diperkirakan diguyur hujan pada siang hari

Sebagian Wilayah Banten Diguyur Hujan saat Idul Fitriilustrasi berkendara saat hujan (unsplash.com/Samuele Errico Piccarini)

Sementara untuk wilayah DKI Jakarta, beberapa wilayah mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari, yakni Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Kepulauan Seribu. Adapun untuk wilayah Jakarta Pusat dan Utara, BMKG memprakirakan dua wilayah tersebut hanya akan mengalami cuaca berawan di pagi hari.

Memasuki siang hari, seluruh wilayah DKI Jakarta akan serentak mengalami hujan, baik dengan intensitas ringan maupun sedang. BMKG memprakirakan hujan di DKI Jakarta akan berhenti dan hanya akan mengalami cuaca berawan pada malam hari.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya