Sejumlah TPS di Pasar Kemis Tangerang Rawan Banjir

Ini hasil pemetaan KPU Kabupaten Tangerang

Tangerang, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang memetakan lokasi tempat pemungutan suara (TPS) yang rawan terjadinya bencana, khususnya banjir saat pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Sekarang baru kami data (wilayah rawan banjir), yaitu wilayah Kecamatan Pasar Kemis," kata Ketua KPU Kabupaten Tangerang Muhamad Umar, seperti dikutip dari laman Antara, Selasa (30/1/2024).

Berdasarkan pendataan, imbuhnya, titik paling rawan berada di desa Gelam Jaya. "Secara detailnya itu ada lima TPS masuk rawan terkena banjir," tambahnya.

1. KPU berkoordinasi agar TPS didirikan di lokasi aman banjir

Sejumlah TPS di Pasar Kemis Tangerang Rawan BanjirSimulasi Pemilu 2024 di Tangerang (Antara/Azmi Samsul Maarif)

Muhamad Umar mengungkap, data itu sudah disampaikan kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Potensi bencana seperti banjir pada lokasi pendirian TPS, kata dia, menjadi kewaspadaan utama pihaknya dalam pelaksanaan Pemilu mendatang.

Untuk itu,  KPU telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang dan petugas pemungutan suara (PPS) di kewilayahan agar mendirikan TPS di tempat yang bebas dari bencana banjir.

"Kami sudah menginstruksikan untuk terus memitigasi terkait kerawanan bencana itu. Sementara data yang diperoleh tidak ada penambahan kawasan atau TPS yang rawan banjir, baru di Kecamatan Pasar Kemis saja," katanya.

2. KPU lindungi surat suara dengan plastik

Sejumlah TPS di Pasar Kemis Tangerang Rawan BanjirIlustrasi surat suara Pemilu. Senin (29/1/2024). (IDN Times/Cokie Sutrisno).

Ia juga  menjamin keamanan terkait dengan surat suara pemilu saat pendistribusian ke lokasi TPS. KPU Kabupaten Tangerang memberikan pengamanan ekstra dengan memasang plastik di setiap kotak suara.

"Kalau dulu, plastik itu hanya di dalam kotak suara sebagai pelindung surat suaranya. Sekarang semuanya baik kotak maupun isi kotaknya kita berikan pengaman plastik," tuturnya.

3. Ada 9.016 TPS di seluruh Kabupaten Tangerang

Sejumlah TPS di Pasar Kemis Tangerang Rawan BanjirIlustrasi surat suara Pemilu. Senin (29/1/2024). (IDN Times/Cokie Sutrisno).

Sesuai dengan pendataan dan pemetaan, ada 9.016 TPS  di Tangerang yang tersebar di 274 desa/kelurahan telah ditentukan pada Pemilu 2024.

Sementara daftar pemilih tetap berkelanjutan yang diperbarui sebanyak 2.353.825 jiwa, dengan rincian 1.188.969 orang pemilih laki-laki dan 1.164.856 orang pemilih perempuan.

Baca Juga: Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Ini Upaya Pemkot Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya