Tourism Activity Center Ada di Bandara Soetta!

Selain di Soetta TAC juga hadir di Bandara Minangkabau

Tangerang, IDN Times - Tourism Activity Center (TAC) kini ada di dua bandara besar di Tanah Air, yakni Soekarno-Hatta, Tangerang dan Bandara Minangkabau, Padang. TAC ini jadi pusat layanan informasi dan promosi pariwisata.

Dikutip dari Antara, Kamis (15/12/2022),  Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin mengungkap bahwa TAC ini sudah diluncurkan sejak Selasa (13/12/2022).  "Kami meningkatkan layanan bagi wisatawan dengan meluncurkan Tourism Activity Center di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Minangkabau," kata dia. 

1. Wisatawan bisa mendapatkan informasi hingga produk kerajinan di TAC ini

Tourism Activity Center Ada di Bandara Soetta!Ilustrasi produk UMKM (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

TAC ini, menurut Awaluddin, memiliki peran lebih lengkap yakni selain sebagai pusat informasi juga sebagai pusat edukasi budaya Indonesia. 

Di TAC, para wisatawan bisa mendapatkan informasi dan promosi pariwisata, aktivasi kegiatan pariwisata, pusat edukasi budaya Indonesia, hingga produk UMKM dan kerajinan dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

"Bandara adalah pintu gerbang suatu negara atau suatu daerah, sehingga menjadi lokasi yang tepat sebagai etalase pariwisata Indonesia. AP II ingin menyambut wisatawan di bandara dengan layanan terbaik salah satunya melalui Tourism Activity Center," katanya.

Baca Juga: Bandara Soetta Punya Lounge Terbesar di Dunia, Ini Lokasinya

2. Ada 5 fasilitas utama di TAC

Tourism Activity Center Ada di Bandara Soetta!ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Tourism Activity Center menghadirkan lima fasilitas utama yaitu, monitor informasi yang menayangkan video destinasi wisata, rak informasi untuk menyajikan booklet, brosur & map pocket bagi wisatawan. Kemudian data informasi guna menampilkan jadwal atraksi wisata, kalender wisata, kuliner, akomodasi, transportasi dan pusat perbelanjaan. 

Selain itu ada juga Galeri Nusantara untuk menunjukkan foto-foto destinasi wisata di seluruh Indonesia serta ornamen budaya seluruh provinsi dan Virtual Reality bagi wisatawan untuk memberikan pengalaman berbeda dalam menjelajahi destinasi wisata melalui VR 360 derajat.

" Kalau untuk TAC di Bandara Soekarno-Hatta terletak di area check-in keberangkatan Terminal 3, sementara di Bandara Minangkabau terletak di area keberangkatan," kata dia.

3. AP II berharap TAC juga dapat menjadi suatu destinasi baru bagi masyarakat untuk melihat pertunjukan seni dan budaya Indonesia

Tourism Activity Center Ada di Bandara Soetta!

a juga menyebutkan TAC difungsikan juga sebagai wadah untuk mendorong komunitas lokal untuk mengembangkan kreativitas, berkolaborasi serta berkarya, dengan tujuan pelestarian budaya dan menumbuhkan sektor pariwisata.

Selain itu, dengan keberadaan TAC akan menghadirkan berbagai kegiatan aktivasi untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, di antaranya melalui parade budaya yang mempertunjukkan pakaian adat, alat musik tradisional dan kesenian khas daerah dari seluruh provinsi di Indonesia.

"Melalui berbagai kegiatan aktivasi, kami menargetkan Tourism Activity Center di bandara AP II nantinya juga dapat menjadi suatu destinasi baru bagi masyarakat untuk melihat pertunjukan seni dan budaya Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Komersial dan Pelayanan AP II M. Rizal Pahlevi menambahkan peluncuran TAC ini berbarengan dengan Hari Nusantara pada 13 Desember 2022, dengan melibatkan pelaku pariwisata seperti pelancong, Forum Komunikasi Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (Forkappsi) dan Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

"TAC mengajak komunitas-komunitas dalam membangun ekosistem pariwisata, sehingga dapat turut mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di Indonesia," jelasnya. 

Baca Juga: Penerbangan Internasional Lion Air Group Pindah ke Terminal 2F Soetta 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya