12 Kecamatan di Kabupaten Lebak Terendam Banjir dan Longsor

Ratusan rumah terendam dan puluhan rumah rusak

Lebak, IDN Times - Sebanyak 12 kecamatan di Kabupaten Lebak terendam banjir akibat luapan Sungai Ciberang dan beberapa anak sungai, Minggu (6/12/2020). Selain banjir, sejumlah titik di Lebak juga terjadi tanah longsor.

Akibatnya dari ratusan rumah yang terendam banjir, puluhan rumah di antaranya mengalami kerusakan berat dan ringan.

1. Data daerah terdampak banjir

12 Kecamatan di Kabupaten Lebak Terendam Banjir dan LongsorDok. BPBD Lebak

Berdasarkan data yang dihimpun BPBD Lebak, banjir terjadi di Desa Ketapang, Karangpamindangan, Bejod dan Cisarap, Kecamatan Wanasalam yang mengakibatkan sebanyak 153 rumah terendam.

Lalu Desa Cipalabuh, Kapunduhan, Cihujan, Kandangsapi dan Mekarjaya, Kecamatan Cijaku 82 rumah terendam dan Desa Peucangpari, Kecamatan Cigemblong 3 rumah terendam.

Begitu juga dengan Desa Bolang dan Rahong, Kecamatan Malingping 27 rumah terendam banjir. Desa Kadudamas, Kecamatan Cirinten 34 rumah terendam banjir. Desa Harjawana, Kecamatan Bojongmanik 25 rumah terendam banjir. Desa Wantisari, Sangkangwangi dan leuwidamar, Kecamatan Leuwidamar 167 rumah terendam banjir dan Desa Cimanyangray, Kecamatan Gunungkencana 50 rumah terendam banjir.

"Sementara Kecamatan Banjarsari masih dalam pendataan," kata Plt Kepala BPBD Lebak, Febby Rezki Pratama, Minggu (6/12/2020)

Baca Juga: Huntap Korban Banjir Lebak Akan Dibangun di Kawasan TNGHS

2. Daerah terdampak bencana longsor

12 Kecamatan di Kabupaten Lebak Terendam Banjir dan LongsorIlustrasi Daerah Rawan Longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Kemudian daerah yang terdampak longsor yakni di Desa Cikarang, Jagaraksa, dan Girijagabaya, Kecamatan Muncang. Lima rumah rusak ringan dan dua lainnya rusak sedang.

Empat rumah di Desa Lebak Gedong, Kecamatan Lebak Gedong mengalami rusak ringan. Sedangkan 13 rumah di Desa Karangnunggal dan Cirinten, Kecamatan Cirinten rusak berat, ditambah dua rumah lain rusak ringan. Hanya ada satu rumah di Desa Pasir Haur, Kecamatan Cipanas yang rusak sedang.

"Akibat bencana banjir dan longsor 12 kecamatan serta 27 desa terdampak, 541 rumah terendam banjir, 11 rumah rusak ringan, tiga rumah rusak sedang, 13 rumah rusak berat. Total 27 rumah rusak akibat longsor," katanya.

Baca Juga: Lebak Langganan Banjir Hingga Longsor, BPBD Waspadai Pancaroba

3. Sejumlah fasilitas umum turut terdampak

12 Kecamatan di Kabupaten Lebak Terendam Banjir dan LongsorIlustrasi bencana tanah longsor. IDN Times/Khaerul Anwar

Bencana banjir dan tanah longsor pun mengakibatkan sejumlah fasilitas infrastruktur rusak, di antaranya jalan amblas sepanjang 10 meter di ruas jalan Muncang-Leuwidamar, Kampung Warunglame Desa Tanjungwangi, Kecamatan Muncang.

Lalu kerusakan juga terjadi pada bangunan SD 1 Filial Kampung Sinarjaya, Desa Girigajabaya, Kecamatan Muncang, dan jalan poros Desa Mekarmanik, kampung Sukamaju, Kecamatan Bojongmanik yang amblas sepanjang 10 meter.

"Jembatan gantung permanen di Desa Sangiang-Bolang, Kecamatan Malingping pilar tengah ambruk," katanya.

Baca Juga: Pembangunan Huntap Korban Banjir Bandang Lebak Terkendala Lahan 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya