2 Pejabat Pandeglang Terbukti Langgar Netralitas

Video dua pejabat endorse salah satu cabup Pandeglang viral

Serang, IDN Times - Dua pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang dinyatakan terbukti melanggar netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang telah merekomendasikan perkara ini ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk proses tindak lanjut.

Kedua pejabat tersebut adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pandeglang, Didi Mulyadi dan Sekretaris Camat Menes, Usep Sudarmana.

Baca Juga: Viral 2 Pejabat Promosi Cabup Pandeglang, Bawaslu Bakal Usut

1. Kedua pejabat itu dijerat UU ASN

2 Pejabat Pandeglang Terbukti Langgar NetralitasIlustrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Pandeglang, Didin Tahajudin mengatakan, penelusuran dan penanganan dugaan pelanggaran dua pejabat itu sudah rampung. Hasilnya, keduanya dinilai terbukti melanggar Undang-Undang Nomor 20 tahun 2023 tentang ASN.

"Selanjutnya panwascam Menes melalui Bawaslu Pandeglang akan merekomendasikan ke KASN," kata Didin saat dikonfirmasi, Jumat (28/6/2024).

2. Sanksi diserahkan ke KASN

2 Pejabat Pandeglang Terbukti Langgar NetralitasPixabay.com

Didin menambahkan, mengenai sanksi yang bakal diberikan kepada dua pejabat tersebut diserahkan ke KASN.

"Untuk sanksi tergantung KASN, kami hanya merekomendasikan," katanya.

3. Video dua pejabat endorse salah satu Cabup Pandeglang viral

2 Pejabat Pandeglang Terbukti Langgar NetralitasIlustrasi calon kepala daerah jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Diketahui sebelumnya, beredar video dua ASN tersebut mempromosikan salah satu kandidat bakal calon bupati (cabup) dan wakil bupati (cawabup) di Pilkada Pandeglang. Dalam video tersebut, terlihat Didi dan Usep bersama dua orang lainnya tengah memegang poster bakal pasangan calon Raden Dewi Setiani dan Iing Andri Supriadi.

Dalam video memperlihatkan Didi Mulyadi dan Usep Sudarmana bersama dua orang lainnya sedang memegang atribut Dewi dan Iing dengan tulisan yang menyatakan birokrat siap memenangan dua pasangan bakal kepala daerah di Pilkada Pandeglang 2024 tersebut.

"Tenang Bu saya sudah bergerak, Menang, Menang, Menang," demikian keterangan dalam video.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya