5 Penumpang Kebakaran KMP Mutiara Berkah Dilarikan ke RS

Evakuasi penumpang dan kru kapal berjalan dramatis

Serang, IDN Times - Lima orang penumpang Kapal Motor Penumpang (KMP) Mutiara Berkah I yang kebakaran di Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Kota Cilegon, Banten dilarikan ke rumah sakit. 

"(Mereka) Mengalami sesak napas sudah ditangani oleh rumah sakit dan sekarang kondisinya secara umum baik," kata Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin, Rabu (6/9/2022).

Baca Juga: Kapal Penumpang Terbakar di Pelabuhan Indah Kiat Merak  

1. Evakuasi penumpang berjalan dramatis

Dedi menyampaikan pada saat kebakaran, kapal dengan rute Pelabuhan Merak-Panjang itu tengah mengangkut sebanyak 159 penunmpang dan kru dan sebanyak 135 truk pengangkut barang.

Evakuasi penumpang dan kru berjalan dramatis. Petugas harus menggunakan crane untuk menyelamatkan penumpang dan kru. 'Kalau kita lihat lokasinya ada deket buritan dek kendaraan sementara fokus pemadaman lebih dahulu," katanya.

2. Enam jam, api belum bisa dipadamkan

5 Penumpang Kebakaran KMP Mutiara Berkah Dilarikan ke RSDok. Istimewa/Ganis

Hingga pukul 16:30 WIB atau sekitar enam jam lebih api belum mampu dipadamkan, namun, petugas gabungan masih fokus memadamkan api menggunakan mobil pemadam kebakaran dan kapal tugboat.

Sampai saat ini, kobaran api masih berkobar, dan asap hitam tebal  membumbung tinggi ke langit namun tak sebesar sebelumnya. "Ada 4 tugbout pemadaman dari sisi laut dan darat, 8 mobil damkar dan 4 tanki air," katanya.

3. Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran

5 Penumpang Kebakaran KMP Mutiara Berkah Dilarikan ke RSDok. Istimewa/Polda Banten

Dirpolairud Polda Banten Kombes Pol Andree Gama Putra mengatakan, pihak kepolisian masih menyelidiki kasus ini, khususnya penyebab kebakaran.

"Untuk penyebab kebakaran kapal masih dalam proses penyelidikan dan sampai saat ini penanganan masih berlangsung karena api belum padam,” katanya.

Baca Juga: Dirut PDAM Cilegon Tolak Kembalikan Kelebihan Gaji Rp1,2 Miliar   

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya