75.613 Warga Banten Bakal Dapat BLT BBM, Ini Besarannya

BLT untuk warga terdampak kenaikan harga BBM

Serang, IDN Times - Sebanyak 75. 613 jiwa di Provinsi Banten bakal menerima bantuan langsung tunai (BLT) dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Per orang bakal menerima Rp600 ribu.

Puluhan ribu warga tersebut merupakan keluarga penerima manfaat (KPM) yang tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) berdasarkan usulan kabupaten/kota.

Baca Juga: Syarat dan Cara Mendapatkan BLT BBM, Catat Ya!

1. Pemprov telah menggelontorkan Rp40 miliar dari APBD Banten

75.613 Warga Banten Bakal Dapat BLT BBM, Ini BesarannyaWarga menerima BLT BBM di Jawa Tengah ( ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti mengatakan, pihaknya telah menggelontorkan senilai Rp40 miliar lebih untuk BLT dampak kenaikan harga BBM tersebut berasal dsri Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Banten.

"Itu 2 persen dari Dana Transfer Umum (DTU) yaitu dari DAU dan Bagi Hasil Pajak," katanya.

2. Setiap orang menerima total Rp600 ribu, dalam 4 kali pencairan

75.613 Warga Banten Bakal Dapat BLT BBM, Ini BesarannyaWarga di Jawa Timur mendapat BLT dampak kenaikan BBM di Jawa Timur (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Rina menyampaikan, setiap penerima manfaat akan mendapatkan bantuan total Rp600 ribu dengan mekanisme empat kali pencairan selama empat bulan. Pencairan akan dilakukan melalu sejumlah bank penyalur yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

"Besok Pak Gubernur akan launching kepada 1.000 penerima dan kita sudah lakukan administrasi dan kesiapan verifikasi," katanya.

3. Selain provinsi, kabupaten/kota pun akan berikan BLT dengan penerima yang berbeda

75.613 Warga Banten Bakal Dapat BLT BBM, Ini BesarannyaIlustrasi Pembagian BLT (Dok. IDN Times)

Selain dari Provinsi Banten, kata Rina, Pemerintah Kabupaten/Kota akan memberikan bantuan tersebut namun dengan jumlah penerima yang berbeda." Penerimanya jangan ada yang berulang. Yang sudah dapat gak boleh dapat lagi," katanya.

Sementara itu, Pj Gubernur Banten Al Muktabar memastikan bantuan tersebut menyasar terhadap penerima yang bener-benar terdampak dari kenaikan harga BBM seperti tukang ojek dan sopir angkot.

"Kita akan mengupayakan semaksimal mungkin bagi berhak menerima mendapatkan akses dari bantuan," katanya.

Baca Juga: Kena Tegur, Pemprov Banten Ganti Nama Banten International Stadium

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya