Ada Ibu Melahirkan di Pinggir Jalan Lebak, Gubernur: Tanya Bupatinya

Pemprov mengaku telah memberi bantuan keuangan

Lebak, IDN Times - Gubernur Banten Wahidin Halim mengaku marah dengan peristiwa seorang ibu yang melahirkan di pinggir jalan di Lebak karena karena akses menuju puskesmas yang cukup jauh ditambah kondisi jalan yang rusak. Wahidin menegaskan, Pemerintah Provinsi sudah menggelontorkan bantuan dana ke Kabupaten Lebak. 

Diberitakan sebelumnya, ibu muda bernama Sari itu warga Kampung Pasir Sempur, Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak. 

Baca Juga: Akses Jalan Rusak, Ibu Muda di Lebak Melahirkan di Pinggir Jalan 

1. Wahidin minta warga tanya Bupati Lebak terkait peristiwa itu

Ada Ibu Melahirkan di Pinggir Jalan Lebak, Gubernur: Tanya BupatinyaDok. Istimewa warga

Wahidin menegaskan, jalan poros desa yang menghubungkan Desa Cibarani-Cinangka tersebut merupakan kewenangan Kabupaten Lebak untuk memperbaikinya. Dia meminta warga menagih perbaikan jalan ke Bupati Lebak, yang saat ini dijabat Iti Octavia Jayabaya

"Jalan mana? punya siapa jalannya? punya kabupaten kan? kewenangannya di Kabupaten Lebak, tanya bupatinya," tegas Wahidin saat ditemui wartawan di Pendopo Gubernur Banten, Rabu (11/3).

2. Pemprov mengaku telah memberi bantuan keuangan ke Pemkab

Ada Ibu Melahirkan di Pinggir Jalan Lebak, Gubernur: Tanya BupatinyaBupati Lebak Iti Octavia Jayabaya (Antaranews)

Tahun ini saja, kata Wahidin, Pemprov Banten sudah menggelontorkan bantuan keuangan untuk Kabupaten Lebak sebesar Rp65 miliar dan Kabupaten Pandeglang Rp55 miliar.

"Memang daerah-daerah terbelakang, termasuk daerahnya kan luas, anggarannya tidak cukup. Kalau (jalan) provinsi kan sudah dicor semuanya. Dorong pembangunan di kabupaten," kata dia. 

3. Wahidin mengakui pembangunan Banten Selatan memang belum merata

Ada Ibu Melahirkan di Pinggir Jalan Lebak, Gubernur: Tanya BupatinyaDok. Istimewa warga

Meski demikian, Wahidin mengakui, pembangunan di wilayah Banten Selatan belum merata. Inilah salah satu alasan mengapa Pemprov Banten menggelontorkan bantuan ke Lebak dan Pandeglang.

"Makanya kita turunkan anggaran keuangan ke sana. Tanya Bupatinya jangan digeser-geser saja. Soal kabupaten, jangan ke provinsi yang jelas penanganannya," katanya.

Baca Juga: Banjir Bandang dan Longsor Lebak, Salah Siapa? 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya