Ada Ritual Adat Kawalu, Kunjungan ke Baduy Ditutup 3 Bulan

Masyarakat Baduy dalam menutup diri dari dunia luar

Lebak, IDN Times - Kunjungan saba budaya Baduy dalam di Desa Kanekes, Kecamatan Lewidamar, Kabupaten Lebak ditutup selama tiga bulan ke depan. Penutupan kunjungan wisatawan tersebut karena selama tiga bulan masyarakat Baduy sedang menggelar ritual adat Kawalu.

Berdasarkan hasil musyawarah tangtu tilu bersama jaro tujuh dan pemerintah Desa Kanekes, seluruh pengunjung saba budaya Baduy 2020 dilarang berkunjung mulai tanggal 25 Februari hingga Sabtu 30 Mei 2020 atau 01 kawalu tembey - 01 safar menurut kalender Baduy.

Baca Juga: Promosi Pariwisata, Pemkab Lebak Buka Booth Baduy di Bandara Soetta 

1. Selama ritual Kawalu, masyarakat Baduy menutup diri dari dunia luar

Ada Ritual Adat Kawalu, Kunjungan ke Baduy Ditutup 3 BulanDok. Istimewa/Jaro Saija

Saat ini, masyarakat Baduy tengah menggelar ritual adat Kawalu atau ritual masyarakat Baduy menutup diri dari masyarakat luar. Dalam ritual tersebut mereka melaksanakan puasa dan akan melaksanakan upacara ritual ngeriung selamatan pada hari ke-18. Ritual Kawalu biasanya dilakukan setiap awal tahun dan digelar satu kali dalam setahun.

"Penutupan sampai 3 bulan ke depan. Kegiatan upacara (adat) Kawalu ada ritualnya. Sebelum upacara ada puasa," kata Jaro Saija, Kepala Desa Kanekes saat dikonfirmasi, Rabu (4/3).

2. Berikut yang diperbolehkan saba ke Baduy saat Kawalu

Ada Ritual Adat Kawalu, Kunjungan ke Baduy Ditutup 3 BulanIntagram/mursyidbaduy

Meski demikian, ada beberapa tamu tertentu yang tetap diperbolehkan masuk ke dalam kawasan Baduy dalam saat ritual Kawalu. Tamu dari instansi pemerintahan (dinas) dengan dibatasi hanya 10 orang, tamu yang memiliki tujuan khusus atau ziarah, dan tamu rombongan penelitian.

Wisatawan hanya diperbolehkan mengunjungi ke kawasan Baduy luar. Yang membedakan dua perkampung ini adalah masyarakat Baduy Luar sudah mulai menerima perubahan zaman. Sedangkan Baduy Dalam masih teguh menjalankan adatnya.

"Kawasan Baduy dalam, yaitu Kampung Cibeo, Cikartawana, dan Cikeusik. Wisatawan saba Baduy hanya diizinkan di Baduy luar," jelas Jaro. 

3. Ritual Kawalu diakhiri dengan upacara Seba Baduy

Ada Ritual Adat Kawalu, Kunjungan ke Baduy Ditutup 3 BulanInstagram/ViaJayabaya

Setelah ritual adat Kawalu berakhir, masyarakat Baduy dalam dan luar akan turun gunung, menggelar ritual Seba Baduy. Ribuan warga suku Baduy dalam akan berbondong-bondong berjalan kaki dari Desa Kanekes sejauh puluhan kilometer ke Kota Rangkasbitung Pendopo Bupati dan Kota Serang Pendopo Gubernur untuk bertemu dengan 'Bapak Gede' Bupati Lebak dan Gubernur Banten.

Pada gelaran seba tersebut masyarakat baduy akan menyerahkan hasil bumi mereka ke Pemerintah Daerah. "Kalau Seba (Baduy) akhir tahun," katanya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya