Survei IPRC: Adik Ipar Ratu Atut Unggul di Pilkada Banten

Mengalahkan Rano Karno. Tapi ini baru survei ya

Serang, IDN Times - Airin Rachmi Diany unggul dalam survei calon gubernur Banten pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Bahkan elektabilitas adik mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah, itu tertinggi dibandingkan Rano Karno dan Wahidin Halim.

Hasil tersebut berdasarkan hasil survei Indonesia Politics Research and Consulting (IPRC) bekerja sama dengan Labiratorium Citizen, Environment and Digital Democracy (CEDD) Ilmu Pemerintahan Universitas Sultan Ageng Tirtayas (Untirta).

1. Nama Airin tertinggi, baik simulasi terbuka maupun tertutup

Survei IPRC: Adik Ipar Ratu Atut Unggul di Pilkada BantenIlustrasi pilkada serentak. (IDN Times/Mardya Shakti)

Peneliti IPRC, Jonah Sianipar, mengatakan pada simulasi pertanyaan terbuka pemilihan calon gubernur, nama lima terbesar yang muncul adalah Airin 20,2 persen; Rano Karno 14,2 persen; Wahidin Halim 10,6 persen; Iti Octavia Jayabaya 6,6 persen; dan Ahmed Zaki Iskandar 5,8 persen.

Lalu, pada simulasi tertutup menggunakan lima nama, persentasenya adalah Airin 25,3 persen; Rano Karno 18,5 persen; Wahidin Halim 16 persen; Iti Octavia 10,5 persen; dan Yandri Susanto 0,8 persen.

"Pada simulasi terbuka maupun tertutup nama Airin masih unggul," kata Jonah Sianipar, Sabtu (14/10/2023).

2. Angka yang belum menentukan pilihan masih tinggi dibanding lima nama di atas

Survei IPRC: Adik Ipar Ratu Atut Unggul di Pilkada BantenDok. Istimewa/IPRC

Kendati demikian, angka yang belum menentukan pilihan atau undecided voters masih mengungguli lima nama tersebut, baik dari simulai terbuka maupun tertutup. Artinya, masih ada banyak suara yang mengambang belum menentukan pilihan.

"Angka undecided voter masih tinggi pada simulasi lima nama. Simulasi terbuka sebesar 25,5 persen dan tertutup sebesar 28,8 persen," katanya.

3. Gerindra masih unggul di Banten, disusul PDIP dan Golkar

Survei IPRC: Adik Ipar Ratu Atut Unggul di Pilkada Banten(IDN Times/Sukma Shakti)

Sementara untuk hasil survei pada pilihan partai politik (parpol_ di Provinsi Banten, Gerindra masih ada di urutan pertama dengan angka 17,9 persen. Disusul PDIP 12,5 persen; Golkar 8,2 persen; PKS 7,8 persen; dan Nasdem 6,9 persen. Sementara angka pemilih parpol lainnya masih di bawah 5 persen.

"Jika pemilu diadakan hari ini dan diikuti oleh partai-partai tersebut," katanya.

Survei ini digelar pada 20-30 September 2023 di empat kabupaten dan empat kota di Banten, melibatkan 1.220 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Sedangkan margin of error survei sekitar 2,87 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya