Akses Jalan Rusak, Ibu Muda di Lebak Melahirkan di Pinggir Jalan 

Kejadian melahirkan seperti itu sudah sering terjadi di sini

Lebak, IDN Times - Miris, seorang ibu hamil di Kabupaten Lebak terpaksa melahirkan di pinggir jalan, saat menuju puskesmas dari rumahnya. Akses menuju puskesmas yang jauh dan kondisi jalan yang rusak membuat Sari (28) terpaksa melahirkan di tengah perjalanan tanpa bantuan petugas medis.

Aksi seorang ibu melahirkan di pinggir jalan itu pun viral di media sosial. Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (9/3). " Betul itu dialami warga kami asal Kampung Pasir Sempur," kata Dulhani Kepala Desa Cibarani saat dikonfirmasi, Selasa (10/3).

Baca Juga: Polisi Belum Berhasil Tangkap 4 Tersangka Tambang Emas Ilegal di Lebak

1. Saat hendak ke puskesmas, sepeda motor alami ban bocor. Duh!

Akses Jalan Rusak, Ibu Muda di Lebak Melahirkan di Pinggir Jalan Tangkapan layar

Dulhani menjelaskan, peristiwa memilukan itu bermula saat Sari, seorang ibu muda sedang hamil dalam perjalanan menuju puskesmas menggunakan sepeda motor bersama saudaranya. Karena kondisi jalan rusak, sepeda motor yang ditumpangi Sari bocor ban. 

"Jalannya juga bebatuan dan tanah merah, motor betus (bocor) ban. Eh malah ngelahirin di jalan," kata Dulhani.

Puskesmas yang dituju Sari pun cukup jauh dari rumahnya, yakni sekitar 20 kilometer (km).

2. Untungnya, bayi Sari berhasil lahir dengan sehat dan selamat

Akses Jalan Rusak, Ibu Muda di Lebak Melahirkan di Pinggir Jalan Tangkapan layar

Tak lama setelah Sari melahirkan, pegawai Desa yang tak sengaja lewat di jalan itu. sang pegawai desa segera membawa Sari dan Bayinya dibawa ke puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan menggunakan kendaraan milik pegawai Desa.

"Alhamdulillah, bayinya sehat karena berhasil ditemukan para pegawai desa yang saat itu lagi kebetulan lewat," tuturnya.

3. Kejadian melahirkan seperti itu sudah sering terjadi di Desa Cibarani

Akses Jalan Rusak, Ibu Muda di Lebak Melahirkan di Pinggir Jalan Tangkapan layar

Dulhani mengatakan, peristiwa seperti itu kerap terjadi di desanya karena di sana tidak ada fasilitas kesehatan atau puskesmas. Padahal, imbuh Dulhani, Desa Cibarani memiliki luas 257 hektare dan menaungi 4 Rukun Warga (RW) dan 17 Rukun Tetangga (RT). 

Untuk ke puskesmas terdekat, perjalanan harus ditempuh dengan perjalanan selama 2 jam perjalanan karena kondisi jalan yang rusak. 

Pihaknya sudah beberapa kali mengusulkan untuk pembangunan puskesmas desa, namun belum ditanggapi oleh Pemerintah Kabupaten Lebak. "Setiap tahun saya (sampaikan) di kecamatan dan kabupaten. Padahal, tanah sudah siap," kata dia.

Dengan kasus ibu yang melahirkan di jalan ini, dia meminta Bupati Lebak segera membangun puskesmas di Desa Cibarani. "Layanan kesehatan dibutuhkan," katanya.

Baca Juga: Mantan Istri Tolak Rujuk, Pria di Lebak Nekat Gantung Diri 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya