Antisipasi Kebakaran, Rutan Serang Cek Seluruh Instalasi Listrik 

Kejadian di Lapas IA Tangerang jangan terulang

Serang, IDN Times - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Serang mengecek instalasi listrik dan kualitas bangunan. Langkah ini dilakukan untuk mencegah kebakaran, seperti yang terjadi di Lapas Kelas IA Tangerang.

"Sebuah aksi untuk menghindari peristiwa yang sama terjadi," kata Kepala Rutan Aliandra saat dikonfirmasi, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Adik Saya Bebas dari Lapas Tangerang Desember Nanti

1. Pengelola lapas juga akan laksanakan simulasi jika terjadi kebakaran

Antisipasi Kebakaran, Rutan Serang Cek Seluruh Instalasi Listrik Foto suasana Blok C2 pascakebakaran di Lapas Dewasa Klas 1 Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). (ANTARA FOTO/Handout/Bal)

Aliandra juga mengungkap, ke depan pihaknya akan melakukn simulasi langkah-langkah penanganan jika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan, seperti kebakaran, dengan melibatkan seluruh petugas keamanan dan aparat kepolisian dan TNI.

"Melaksanakan simulasi untuk menghindari korban dan kerugian material," katanya.

Baca Juga: 7 Potret Penampakan Blok C2 Lapas Tangerang yang Terbakar

2. Rutan Serang juga lebihi kapasitas hingga 100 persen

Antisipasi Kebakaran, Rutan Serang Cek Seluruh Instalasi Listrik (Ilustrasi rutan baru cabang KPK) ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Rutan Klas II B Serang saat ini dihuni oleh sebanyak 431 tahanan, padahal kapasitasnya hanya mampu menampung sebanyak 274 tahanan. Sementara, petugas keamanan hanya sebanyak 40 orang dengan dibagi 4 regu jaga.

"Diisi 431 orang itu dalam situasi pandemik, dalam kondisi normal bisa mencapai 600 sampai 700," katanya.

3. Doa bersama untuk korban Lapas Tangerang

Antisipasi Kebakaran, Rutan Serang Cek Seluruh Instalasi Listrik Petugas berdiri di dekat kantong jenazah korban kebakaran Lapas Klas 1 Tangerang di RSUD Kabupaten Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Selain melakukan pengecekan kualitas bangunan dan instalasi listrik, petugas Rutan Serang dan para narapidana menggelar doa bersama untuk korban tragedi kebakaran di Lapas Kelas IA Tangerang. Diketahui dalam peristiwa tersebut menelan sebanyak 44 korban jiwa.

Baca Juga: Sebelum Meninggal, 3 Korban Lapas Tangerang Sempat Akan Dioperasi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya