Baginda Pimpinan Padepokan Angling Dharma Dikenal Ahli Hikmat

Tidak ada kaitan dengan kerajaan manapun

Pandeglang, IDN Times - Sultan Iskandar Jamaludin Firdaus Pimpinan Padepokan Angling Dharma dikenal sebagai ahli hikmat oleh warga setempat di Kampung Salangsari, Desa Pandat, Kecamatan Mandalawangi, Pandeglang, Banten.

Sosok Iskandar Jamaludin ramai diperbincangkan publik dengan narasi kedermawananya membangun puluhan rumah warga miskin di Pandeglang.

Baca Juga: Sosok Baginda Raja Pemimpin Angling Dharma Muncul di Pandeglang

1. Iskandar Jamaludin tidak ada kaitan dengan keturunan kerajaan manapun

Baginda Pimpinan Padepokan Angling Dharma Dikenal Ahli HikmatDok. Padepokan Angling Dharma

Aceng tokoh masyarakat setempat mengatakan, warga hanya mengenal Iskandar sebagai ahli hikmat. Dia pun membantah pengakuan Iskandar memiliki keturunan dari sejumlah kerajaan dan kesultanan di Indonesia.

"Tidak ada kaitaanya dengan kerajaan manapun,  dia memang cuma ahli hikmat," kata Aceng saat dikonfirmasi, Rabu (22/9/2021).

2. Iskandar Jamaludin jarang bersosialisasi dengan masyarakat

Baginda Pimpinan Padepokan Angling Dharma Dikenal Ahli HikmatDok. Warga/Febri

Namun, sang raja jarang bersosialisasi dengan masyarakat setempat dengan masyarakat. Tapi dikenal memiliki kekayaan yang melimpah dan suka membantu warga miskin setempat

"Jarang sekali bersosialisasi," katanya.

3. Iskandar Jamaludin membangun rumah layaknya istana kerajaan

Baginda Pimpinan Padepokan Angling Dharma Dikenal Ahli Hikmatilustrasi mahkota raja (pixabay.com/talpeanu)

Dia membangun rumah layaknya Istana Kerajaan yang ia berinama Angling Darma terletak di Kampung Salangsari, Desa Pandat, Kecamatan Mandalawangi, Pandeglang.  Istana ini terlihat mencolok dengan warna cat kuning dan hijau tua.

Di halaman rumah yang disebut istana itu berisi perlengkapan singgasana raja, lengkap dengan berbagai tulisan tangan berbahasa Arab, Indonesia, dan Inggris. Di atas sebuah bangunan juga ada terlihat sebuah tulisan gudang duit (uang) dengan sembilan bintang.

Sementara, Aki Jamil, pengikut Raja Baginda Sultan Iskandar Jamaludin Firdaus menceritakan, meski jarang bersosialisasi namun "Baginda" suka menolong orang susah.

"Sangat bijaksana karena selalu membantu masyarakat yang tidak mampu di Pandeglang. Tak hanya janda miskin, keluarga yang masih lengkap suami istri pun akan di bantu jika mereka miskin," katanya,

Silsilah nama baginda sudah berlangsung cukup lama sebelum Aki Jamil mengikuti raja tersebut. Selain itu, Aki Jamil mengklaim Baginda Sultan Iskandar Jamaludin Firdaus memiliki ikatan atau keturunan kerajaan dan kesultanan di Indonesia.

Baca Juga: Pelajar di Pandeglang Terbitkan 4 Novel Selama Belajar Daring 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya