Bantah Hengkang dari Banten, PT Nikomas Gemilang: Kami Hanya Ekspansi 

PT Nikomas Gemilang menyetop rekrutmen karyawan baru

Serang, IDN Times - PT Nikomas Gemilang Danang angkat bicara terkait kabar perusahaannya akan hengkang dari Provinsi Banten. Perusahaan produsen sepatu NIKE itu membantah akan merelokasi pabrik yang ada di Kabupaten Serang, Banten ke Pekalongan, Jawa Tengah.

Humas PT Nikomas Gemilang Danang Widi Pangestu mengklaim, justru perusahaannya membangun pabrik baru, tapi tanpa meninggalkan pabrik yang sudah ada di Serang.

"Kalau sekarang, gak ada kepikiran untuk hengkang (dari Banten) sih. Kalau ekspansi (ke Jateng) benar ada," kata Danang saat dikonfirmasi, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga: 3 Pabrik Raksasa Hengkang, Berpotensi Picu Pengangguran di Banten 

1. PT Nikomas Gemilang tengah menyetop rekrutmen karyawan baru

Bantah Hengkang dari Banten, PT Nikomas Gemilang: Kami Hanya Ekspansi Ilustrasi pekerja pabrik. (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Begitu pun soal isu pengurangan karyawan atau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran. Wacana PHK 50 ribu karyawan dari 57 ribu total karyawan yang ada, menurut Danang, tidak benar. Dia hanya mengungkap bahwa sementara ini pihaknya tidak membuka rekrutmen karyawan baru.

"Jujur produksi sedang menurun, tapi belum kepikiran juga pada PHK. Kami hanya menyetop rekrutmen (karyawan) sampai nanti UMK 2023 keluar dan sampai resesi tahun depan," katanya.

2. Tak menutup kemungkinan akan ada PHK jika terjadi resesi ekonomi

Bantah Hengkang dari Banten, PT Nikomas Gemilang: Kami Hanya Ekspansi Ilustrasi pabrik. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Meski demikian, Danang tidak mempungkiri bahwa kemungkinan terjadi pengurangan karyawan bisa saja terjadi, jika ada kondisi tertentu yang memaksa. Salah satunya, kata dia, jika nilai upah minimum kabupaten/kota (UMK) dan upah minimum provinsi (UMP) amat besar. Kedu, terjadi resesi ekonomi di seluruh negara di dunia. Sebab, selama ini, 100 hasil produksi PT Nikomas Gemilang merupakan ekspor.

"Kalau inflasi gila-gilaan produksi menurun, kalau udah produksi menurun kita stop rekrutmen, jadi kaya PHK melihat kondisi (UMK dan resesi)," katanya.

3. Tiga pabrik raksasa disebut akan hengkang dari Banten

Bantah Hengkang dari Banten, PT Nikomas Gemilang: Kami Hanya Ekspansi Ilustrasi pekerja pabrik (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten Septo Kalnadi menyebut tiga pabrik raksasa bakal hengkang dari Provinsi Banten dan pindah ke Jawa Tengah.

Ketiga pabrik tersebut adalah PT Nikomas Gemilang, PT Parkland Word Indonesia (PWI), dan KMK Global Sport.

Septo mengatakan, ketiga industri besar itu akan memindahkan pekerjanya ke Jawa Tengah tahun 2023. Bahkan pabrik KMK Global Sport sudah mulai beroperasi tahun ini di Kabupaten Temanggung dan Kota Salatiga.

"Itu industri besar padat karya. Perkiraan tahun depan rata rata pabrik mereka pindah," tutur Septo saat dikonfirmasi, Kamis (10/11/2022).

Baca Juga: DPRD Minta Pemprov Banten Lobi 3 Pabrik Raksasa Agar Tak Pindah

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya