Booster Kedua COVID-19 Mulai Diberikan ke Nakes di Banten

Capaian dosis ketiga vaksinasi COVID-19 baru 27 persen

Serang, IDN Times - Petugas kesehatan di Provinsi Banten sudah mulai mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis keempat atau booster kedua. Pemberian dosis vaksin khusus untuk garda terdepan di tanah Jawara itu sudah dimulai sejak Jumat (29/7/2022).

"Vaksin dosis keempat kita baru dikabari Kamis malam, surat yang kita terima Jumat pagi dan langsung kita sosialisasikan ke faskes se-Banten," kata Kadinkes Banten Ati Pramudji Hastuti, Senin (1/8/2022).

Baca Juga: 5 Daerah di Banten yang Capaian Vaksinasi COVID-19 Masih Rendah  

1. Sebanyak 45.566 nakes menjadi target vaksinsi booster kedua

Booster Kedua COVID-19 Mulai Diberikan ke Nakes di BantenIlustrasi vaksin COVID-19 untuk disuntikkan ke penerima vaksin. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Mantan Direktur RSUD Kota Tangerang itu menyampaikan, pemberian vaksin dosis keempat itu dilakukan di masing-masing tempat bekerja para tenaga kesehatan (nakes). Sebanyak 45.566 orang menjadi target sasaran vaksinasi nakes pada booster kali ini.

"Bekerja sama dengan Dinkes kabupaten/kota karena provinsi hanya mendrop ke kabupaten/kota," katanya.

2. Bertahap, booster kedua akan juga diberikan untuk masyarakat umum

Booster Kedua COVID-19 Mulai Diberikan ke Nakes di Bantenilustrasi nakes kelelahan setelah memberikan pelayanan pasien positif COVID-19 (IDN Times/Ervan)

Ati menjelaskan, untuk vaksinasi booster kedua pada tahap pertama ini akan diberlakukan bagi tenaga tenaga kesehatan terlebih dulu. Selanjutnya, kata Ati, secara bertahap juga akan diberikan kepada masyarakat umum.

"Untuk tahap pertama ke nakes, seperti biasa bertahap yang dosis ketiga saja belum tercapai," katanya.

3. Capaian vaksinasi pertama, kedua, dan ketiga

Booster Kedua COVID-19 Mulai Diberikan ke Nakes di BantenIlustrasi vaksinasi massal Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Kesehatan Provinsi Banten, capaian vaksinasi COVID-19 dosis pertama mencapai sebanyak 8.800.357 atau 95,4 persen, lalu dosis kedua mencapai 7.105.811 orang atau 77 persen dari target sasaran.

Untuk dosis ketiga atau booster capaiannya baru 2.563.313 orang atau 27,8 pesen.

Baca Juga: Rekomendasi Pulau Menawan di Banten, Cocok Melepas Penat

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya