Buka Akses Anak Sekolah, BPBD Lebak Terjunkan Perahu Karet  

Satu desa terisolir karena jembatan ambruk

Serang, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak mengoperasikan perahu karet untuk membuka akses masyarakat di daerah terisolir. Dengan perahu karet itu, BPBD berharap warga tetap bisa menyeberangi Sungai Cimadur di Kecamatan Bayah, Lebak, Banten.

Diberitakan sebelumnya, jembatan permanen di sungai itu ambruk disapu banjir bandang pada 11 Oktober lalu. "Jembatan mancak, kita untuk darurat kita pasang seling dan perahu sambil menunggu jembatan bailey dari pusat," kata Kepala BPBD lebak Febby Rizky Pratama, Kamis (13/10/2022).

Baca Juga: Satu Desa Terisolir di Lebak, Pemprov Pinjam Jembatan Bailey ke Pusat 

1. Sudah tiga hari, anak-anak di Desa Bayah Timur tidak sekolah karena jembatan terputus

Buka Akses Anak Sekolah, BPBD Lebak Terjunkan Perahu Karet  Dok. Istimewa/Rafik

Terpisah, Kepala Desa Bayah Timur Rafik Ahmad Taufik mengatakan, kondisi jembatan penghubung antara desa Bayah Timur dengan Cimancak terputus itu mengakibatkan aktivitas masyarakat Desa Cimancak terhenti, termasuk akses anak sekolah.

Perahu karet baru diterjunkan tadi pagi oleh BPBD Kabupaten Lebak. "Tadi pagi belum bisa mungkin besok baru aktivitas anak sekolah kembali normal. Anak sekolah 3 hari tidak sekolah," katanya.

2. Tak ada akses lain, selain memanfaatkan perahu karet

Buka Akses Anak Sekolah, BPBD Lebak Terjunkan Perahu Karet  Warga melihat kondisi jembatan yang terputus akibat diterjang banjir bandang di Sukajaya, Lebak, Banten, Selasa (11/10/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Dia mengatakan, lebar sungai mencapai 50 meter membuat masyarakat tidak bisa membuat jembatan darurat bambu atau menggunakan bahan seadanya. Keberadaan perahu karet sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Baru bisa pejalan kaki cuma pake perahu per tadi pagi kemarin, kemarin sudah tidak bisa sama sekali," katanya.

3. Pemprov tengah mengajukan peminjaman jembatan bailey ke pusat

Buka Akses Anak Sekolah, BPBD Lebak Terjunkan Perahu Karet  Warga melihat kondisi jembatan yang terputus akibat diterjang banjir bandang di Sukajaya, Lebak, Banten, Selasa (11/10/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Diketahui sebelumnya, Pemerintah Provinsi Banten sedang meminjam jembatan darurat jenis bailey ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Jembatan penghubung antara desa Bayah Timur dengan Cimancak itu putus terbawa arus banjir sehingga membutuhkan jembatan sementara.

"Kita fasilitasi Kabupaten Lebak peminjaman jembatan itu ke Kementerian PUPR," kata Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten Arlan Marzan saat dikonfirmasi, Rabu (12/10/2022).

Baca Juga: Jembatan Permanen Putus Tersapu Arus Sungai, Desa di Lebak Terisolir

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya