Cegah COVID-19, Umat Hindu Banten Batasi Pelaksanaan Ritual Melasti

Ritual dilaksanakan di pura masing-masing

Kota Serang, IDN Times - Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Banten membatasi sejumlah kegiatan rangkaian perayaan Nyepi tahun 2020. Hal itu sebagai bentuk antisipasi penyebaran wabah virus corona tipe baru, COVID-19.

Keputusan tersebut juga untuk mengikuti imbauan pemerintah untuk menghindari kegiatan yang mengundang orang banyak atau keramaian.

"Sesuai imbauan social distancing sehingga kita menyesuaikan. Karena menurut Hindu, pemerintah adalah Guru Wisesa. Jadi kami sebagai umat Hindu harus taat, selain tentu juga kita tetap waspada," kata Ketua PHDI Provinsi Banten Ida Bagus Alit Wiratmaja, melalui pers rilis yang diterima, Rabu (18/3).

Baca Juga: [BREAKING] Wabah COVID-19, Jokowi: Saatnya Bekerja, Belajar, Ibadah di Rumah 

1. Otoritas berwenang membatalkan upacara Melasti di Pantai Tanjung Pasir dan Tawur Kesanga di Pura Eka Wira Anantha, Serang

Cegah COVID-19, Umat Hindu Banten Batasi Pelaksanaan Ritual MelastiANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Upacara melasti yang rencananya akan dilaksanakan 22 Maret 2020 di Pantai Tanjung Pasir, Tangerang dan upacara Tawur Kesanga 24 Maret 2020 di Pura Eka Wira Anantha Serang, ditiadakan. Kebijakan ini dibuat panitia dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

"Hanya tidak kumpul massa di Tanjung Pasir dan di Pura di Serang. Artinya massa tidak kumpul di sana di Tanjung Pasir dan di Serang juga batal tidak ada kumpul. Tapi acaranya akan berlangsung di masing-masing pura, jadi tidak menyatu," katanya.

2. Ritual akan dilaksanakan di pura masing-masing

Cegah COVID-19, Umat Hindu Banten Batasi Pelaksanaan Ritual Melastiwww.instagram.com/printingbyhadi

Menurutnya, pelaksanaan ritual Melasti dan Tawur Kesanga diganti dengan permakluman di masing-masing Pura Kahyangan di Provinsi Banten yakni di Pura Mertasari di Rempoa Tangerang Selatan (Tangsel), Pura Parahyangan Jagat Guru BSD Tangsel, Pura Kertha Jaya Kota Tangerang, Pura Dharma Sidhi Ciledug Kota Tangerang, Pura Eka Wira Anantha Kota Serang dan Pura Bhuwana Raksati, Sodong Tiga Raksa.

"Di masing-masing pura, ritualnya tetap berjalan dengan pengaturan jumlah masa bergiliran tidak terpusat seperti tahun lalu," katanya.

3. Nyepi digunakan umat Hindu berdoa untuk keselamatan bangsa

Cegah COVID-19, Umat Hindu Banten Batasi Pelaksanaan Ritual MelastiANTARA Foto/Olha Mulalinda

Sedangkan pada Hari suci Nyepi tanggal 25 Maret 2020, umat Hindu di Banten dengan mulatsarira selama 24 jam melaksanakan Catur Brata Penyepian yaitu Amati Geni, Amati Karya, Amati Lelungan dan Amati Lelanguan, yang dilaksanakan di rumah masing masing.

"Momentum hari nyepi kita berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara," tuturnya.

Baca Juga: [BREAKING] Korban Meninggal Akibat Virus Corona di RI Jadi 19 Orang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya