Gelombang Tinggi di Perairan Banten Selatan Capai 4 Meter

Wisatawan diimbau tidak berenang

Serang, IDN Times - Bagi kamu yang tengah beraktivitas di Perairan Selatan Banten, sebaiknya perlu mewaspadai adanya potensi gelombang tinggi capai 4 meter hingga besok, Selasa (17/5/2022).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dininya hari ini, Senin (26/5/2022).

Baca Juga: Rekomendasi Penginapan Murah di Anyer, Dekat dari Pantai

1. Pola angin berkisar 5-20 knot

Gelombang Tinggi di Perairan Banten Selatan Capai 4 MeterIlustrasi gelombang tinggi (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Berdasarkan hasil analisis BMKG, potensi gelombang laut sangat tinggi ini merupakan dampak atau pengaruh dari pola dan kecepatan angin. Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Laut - Timur Laut dengan

"Kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 17 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut," kata Koordinator Data dan Informasi pada BMKG Kelas 1 Serang Tarjono.

2. Wisatawan diimbau tidak berenang selama gelombang tinggi

Gelombang Tinggi di Perairan Banten Selatan Capai 4 MeterSawarna.net/Pantai Pasir Putih Sawarna

Gelombang tinggi itu terjadi merata di seluruh perairan yang berada di Lebak Selatan, seperti Pantai Sawarna Kecamatan Bayah, dan Pasir Putih. Masyarakat diimbau untuk berhati-hati selama gelombang tinggi.

“Saya mengimbau kepada para wisatawan untuk tidak berenang dulu di daerah pantai Lebak Selatan selama peringatan dini gelombang tinggi ini, karena gelombang tinggi ini dapat membahayakan para wistawan,” katanya.

3. Para nelayan juga diminta waspada

Gelombang Tinggi di Perairan Banten Selatan Capai 4 MeterAntara Foto

Selain itu, gelombang tinggi ini juga mempengaruhi risiko terhadap keselamatan pelayaran. Para nelayan yang sedang beraktivitas di perairan Selatan Banten untuk tetap waspada.

Baca Juga: 7 Tempat Makan Murah di Lebak, di Mana Saja?

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya