Gerindra Resmi Usung Nasrul dan Eki di Pilkada Serang 

Lawan paslon petahana, Ratu Tatu

Serang, IDN Times - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) resmi mengusung Nasrul Ulum dan Eki Baihaki sebagai bakal calon Bupati Serang dan Wakil Bupati Serang
di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang.

Dukungan tersebut termuat dalam surat Rekomendasl Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Serang pada Periode 2020-2024. Surat dengan nomor 06-771/Rekom/DPP-Gerindra/2020 itu ditandatangani langsung oleh Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto dan Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani pada 16 Juni 2020.

Saat dikonfirmasi, Ketua DPD Gerindra Banten Desmon J Mahesa membenarkan hal tersebut. "Iya betul untuk Pilkada Kabupaten Serang kita akan mengusung Nasrul Ulum - Eki Baihaki dan saya juga tadi baru menerima surat tersebut dari DPP. Setelah tadi saya di panggil oleh Tim untuk mengambil surat rekomendasi tersebut," kata Desmon saat dihubungi, Kamis (18/6).

Baca Juga: Keponakan Prabowo Diusung Gerindra Maju Pilkada Tangsel

1. Nasrul-Eki akan berhadapan dengan paslon petahana

Gerindra Resmi Usung Nasrul dan Eki di Pilkada Serang IDN Times/Khaerul Anwar

Rekomendasi Gerindra kepada pasangan Nasrul-Eki, kata dia sudah melalui mekanisme partai, baik mulai penjaringan di internal partai hingga komunikasi politik kepada parpol lain dan masing-masing bacalon. Dengan dukungan tersebut, Nasrul-Eki resmi akan berhadapan dengan paslon petahana Ratu Tatu Chasanah dan Panji Tirtayasa.

"Akhirnya DPP menjatuhkan pilihan kepada Nasrul Ulum dan Eki Baihaki untuk bertarung melawan petahana yang sudah diusung oleh beberapa partai," paparnya.

2. Nasrul-Eki cukup syarat maju di Pilkada Serang

Gerindra Resmi Usung Nasrul dan Eki di Pilkada Serang IDN Times/Khaerul Anwar

Kemudian, dengan adanya dukungan parpol besutan Prabowo Subianto tersebut, paslon Nasrul-Eki telah telah memenuhi syarat dukungan maju di Pilkada Serang. Partai Gerindra memiliki sebanyak 8 kursi di DPRD Serang, Demokrat memiliki sebanyak 5 kursi dan PAN memiliki sebanyak 4 kursi. Sementara syarat dukungan maju di Pilkada Serang hanya membutuhkan sebanyak 10 kursi di DPRD.

"Kami juga berharap agar parpol yang belum menentukan sikap untuk bergabung dengan kita dan kita akan terus membuka pintu kepada teman-teman yang nantinya mau bergabung ke kami," katanya.

3. Alasan Gerindra tak mengusung kader sendiri

Gerindra Resmi Usung Nasrul dan Eki di Pilkada Serang IDN Times/khaerul anwar

Desmon menjekaskan bahwa keputusan partainya memilih untuk mengusung Nasrul di Pilkada Serang karena belum ada kadernya yang siap maju bertarung melawan calon petahana. Nasrul merupakan kader Golkar Kabupaten Serang. Lalu Eki merupakan kader Demokrat.

"Iya untuk Nasrul Ulum itu terhitung sejak dia mendaftar dan kita bilang bahwa harus melepaskan identitas partai lamanya. Dan beliau sudah bukan kader Partai Golkar lagi karena sudah ada SK dari Gerindra dan kami juga sudah memberikan secara simbolik Kartu Anggota lah begitu ke Nasrul Ulum," ungkapnya.

Baca Juga: Pilkada Serang 2020, PDIP Dukung Adik Ratu Atut, Ratu Tatu Chasanah

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya