Hari Ini, Car Free Day di Kota Serang Ada Lagi!

Trek sepeda juga dibuka lagi ~

Serang, IDN Times - Pemerintah Kota Serang kembali membuka kembali Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di sepanjang jalan Alun-alun Kota Serang, hingga Lampu Merah Pisang Mas.

Hampir dua bulan CFD ditiadakan setelah Pemkot Serang menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan angka penyebaran virus corona di Ibukota Provinsi Banten tersebut. Jalur sepeda pun dibuka sepanjang jalan Jenderal Sudirman hingga Alun-alun.

Baca Juga: Antisipasi Wabah Virus Corona, Bupati Lebak Setop Car Free Day

1. CFD dibuka untuk membangkitkan UMKM

Hari Ini, Car Free Day di Kota Serang Ada Lagi!Pertamina berkreasi membuat pameran UMKM secara virtual dalam kegiatan Pertamina SMEXPO. IDN Times/Anggun Puspitoningrum.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Hari Pamungkas mengatakan, pembukaan CFD dilakukan untuk membangkitkan ekonomi para pelaku usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM), selain sebagai sarana olahraga.

"Pertimbangannya dari aspek sosial dan kemanusiaan. Karena hampir dua bulan ini mereka tidak bisa berusaha, sementara kebutuhan hidupnya semakin besar. Kemudian, masyarakat juga tetap harus mematuhi protokol kesehatan," kata Hari, Sabtu (31/10/2020).

2. UMKM selalu ramaikan CFD Kota Serang

Hari Ini, Car Free Day di Kota Serang Ada Lagi!Ilustrasi bersepeda (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sejauh ini menurutnya, CFD di Kota Serang bukan hanya digunakan oleh masyarakat yang melakukan aktivitas olah raga, tetapi juga para pelaku UMKM. Mereka membangun stan dagangan di sepanjang jalan yang bebas dari kendaraan.

"Meski begitu, kita menekankan kepada masyarakat agar lebih ketat menerapkan protokol kesehatan," katanya.

3. Ada 478 kasus positif di Kota Serang

Hari Ini, Car Free Day di Kota Serang Ada Lagi!Infografis Gerakan 3M (IDN Times/Ryann Rezza Ardiansyah)

Berdasarkan data tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Banten, jumlah kasus positif corona di Kota Serang sebanyak 478 kasus dengan rincian sebanyak 247 orang masih dirawat, 215 orang sembuh dan 16 orang meninggal dunia.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir.  Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus.  Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: Buruh Minta Dua Paslon di Pilkada Serang Komitmen Tolak UU Cipta Kerja

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya