Hari Pertama Mogok Jualan, Lapak Daging di Pasar Induk Rau Sepi  

Pedagang berharap harga daging kembali stabil

Serang, IDN Times - Hari pertama pemberhentian aktivitas atau mogok penjualan daging, kondisi lapak pedagang daging di Pasar Induk Rau, Kota Serang sepi. Seluruh pedagang menutup lapaknya dalam rangka protes ke pemerintah terkait tingginya harga daging.

Diketahui, Gabungan Pengusaha Pedagang Daging (Gappenda) Banten di seluruh pasar tradisional melakukan aksi mogok mulai hari ini, Jumat (22/1/2021) hingga Selasa Selasa (26/1/2021) mendatang.

Baca Juga: Besok, Pedagang Daging Sapi se-Banten Akan Mogok Massal

1. Pedagang berharap harga daging kembali stabil

Hari Pertama Mogok Jualan, Lapak Daging di Pasar Induk Rau Sepi  Dok. Istimewa/Andi

Andi, salah satu pedagang berharap pemerintah segera melakukan langkah-langkah untuk menstabilkan harga daging. Dikatakan Andi, berdasarkan hasil kesepakatan paguyuban seluruh pedagang menutup lapaknya masing-masing.

"Setelah mogok, kita berharap banyak kepada pemerintah agar melakukan langkah harga daging bisa turun," kata Andi saat dikonfirmasi.

2. Akan bertemu dengan DPRD Banten bahas keluhan pedagang

Hari Pertama Mogok Jualan, Lapak Daging di Pasar Induk Rau Sepi  ANTARA FOTO/Arnas Padda

Terpisah, Ketua Gappenda Banten Aeng Haeruzzaman mengatakan, selain melakukan mogok jualan para pedagang pun akan melakukan audiensi kepada wakil rakyat di DPRD Banten pada Senin (25/1/2021). Pedagang berharap DPRD bisa memfasilitasi keluhan para pedagang daging kepada pemerintah daerah.

"Yang jelas ini perlu penanganan. Kami kan awam, DPRD kan mengerti apa yang harus dilakukan," katanya.

3. Sebagian pembeli tidak tahu info pedagang daging mogok

Hari Pertama Mogok Jualan, Lapak Daging di Pasar Induk Rau Sepi  Dok. Humas Pemkota Serang

Aeni, salah satu pembeli asal Ciruas mengaku tidak mengetahui bahwa hari ini merupakan hari pertama pedagang daging melakukan aksi mogok jualan lima hari ke depan. Akhirnya para pembeli daging beku di lapak operasi pasar yang disediakan Di Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Serang

"Ke sana sepi, gak ada satupun (yang jualan) katanya lima hari kemarin mah ada," kata Aeni.

4. Disperindagkop Kota Serang melakukan operasi pasar

Hari Pertama Mogok Jualan, Lapak Daging di Pasar Induk Rau Sepi  Dok. Humas Pemkot Serang

Sementara, Disperindagkop Kota Serang menggelar operasi pasar di Pasar Induk Rau untuk mengantisipasi kelangkaan daging di pasar dengan adanya aksi mogok jualan yang dilakuakan para pedagang daging.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen Disperindagkop Kota Serang bekerja sama dengan Bulog menjual harga daging sapi beku Rp95 ribu per kilogram (kg) dan daging kerbau beku Rp80 ribu per kg.

"Operasi pasar ini kita lakukan situasional aja. Ini juga animo masyarakat untuk membeli aga kurang," kata Muhammad Zein Kepala UPT Pasar Disperindagkop Kota Serang.

Baca Juga: Ini Penyebab Harga Daging Indonesia Melonjak

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya