Hati-hati, Ini Jalur Mudik dan Wisata di Banten yang Rawan Longsor 

DPUPR Banten siagakan personel dan alat berat

Serang, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mulai melakukan mitigasi kebencanaan pada sejumlah ruas jalan yang rawan terdampak bencana saat arus mudik dan balik lebaran 2024.

Mitigasi ini dengan menyiagakan alat berat hingga sapu lubang. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten, Arlan Marzan mengungkap bahwa ada dua ruas jalan yang menjadi jalur mudik dan balik di wilayahnya yang rawan mengalami longsor.

Baca Juga: Disnaker Banten Akan Denda Perusahaan yang Tak Bayar THR Karyawan

1. Ada 7 ruas jalan yang jadi jalur mudik dan wisata

Hati-hati, Ini Jalur Mudik dan Wisata di Banten yang Rawan Longsor Ilustrasi tanah longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Pria yang akrab disapa bapak pembangunan itu menjabarkan ada tujuh ruas jalan yang menjadi kewenangan provinsi bakal dilalui para pemudik dan wisatawan, antara lain:

1. Citeras - Tigaraksa
2. Ciruas - Petir - Warung Gunung
3. Pakupatan - Palima
4. Palima - Persimpangan Teneng
5. Taktakan - Mancak - Anyer
6. Mengger - Caringin
7. Ciomas - Mandalawangi

"Ruas jalan yang rawan longsor itu Palima-Persimpangan Teneng dan Taktakan-Mancak-Anyer," kata Arlan saat dikonfirmasi, Rabu (27/3/2024).

2. Ada posko di kantor UPTD dan alat disiagakan di titik rawan longsor

Hati-hati, Ini Jalur Mudik dan Wisata di Banten yang Rawan Longsor Inin Nastain IDN Times Jabar/ Pengejaran jalan di Cipali

Untuk mengantisipasi terjadinya dampak bencana alam yang meluas di jalur mudik, kata Arlan, Pemprov Banten terus melakukan berbagai upaya mitigasi seperti menyediakan posko di setiap kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) hingga menyiagakan alat berat.

Untuk alat berat, Arlan mengatakan, pihaknya akan menempatkan ke beberapa titik-titik dari daerah rawan bencana longsor dan lainnya.

"Tim teknis akan menyiagakan alat berat dan personel pada ruas tersebut," katanya.

3. Dinas PUPR Banten menargetkan H-5 lebaran bebas lubang

Hati-hati, Ini Jalur Mudik dan Wisata di Banten yang Rawan Longsor liverpool.ac.u

Selain utu, Lanjut Arlan, saat ini DPUPR Banten terus melakukan perawatan ruas jalan sapu lobang terutama terhadap jalan-jalan yang menjadi jalur mudik dan wisata di Banten. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadi kecelakaan.

"Seluruh UPTD Jalan sesuai wilayahnya melaksanakan pemeliharaan jalan.Target H - 5 lebaran sudah selesai dilaksanakan (bebas lubang)," katanya.

Baca Juga: Daftar Wisata Religi dan Sejarah di Banten yang Sayang Kamu Lewatkan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya