Heboh! Pria di Serang Ngaku Titisan Nabi Khidir dan Punya Kesaktian

MUI sebut keyakinan Harimbi sesat dan menyimpang

Serang, IDN Times - Seorang warga di Kota Serang, Banten bernama Harimbi mengaku sebagai titisan Nabi Khidir. Dia menyebut pernah bertemu Nabi Khidir dalam mimpi dan dinobatkan sebagai titisan Nabi Khidir.

Pria ini juga menyampaikan di media bahwa dirinya memiliki kesaktian bisa menyembuhkan orang sakit dan membantu orang cepat naik jabatan.

"Dia mengaku mendapatkan penobatan titisan Nabi Khidir itu melalui mimpi saat bertemu Nabi Khidir dan Ki Buyit Joharudin," kata Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Serang Amas Tajudin kepada wartawan, Rabu (13/7/2022).

1. Keyakinan Harimbi jelas menyimpang dan menyesatkan

Heboh! Pria di Serang Ngaku Titisan Nabi Khidir dan Punya KesaktianDok. Istimewa/Milda

Amas mengatakan, berdasarkan hasil kajian MUI Kota Serang, itu tidak bisa dijadikan dasar hukum atau pedoman amalan dalam kehidupan sosial maupun peribadatan secara sah dan meyakinkan. Dia menegaskan, keyakinan harimbi tersebut jelas menyimpang dan merusak akidah.

"Hal itu telah merusak akidah islam dan menyesatkan umat islam secara serius dan meluas," katanya.

2. Menyebarluaskan keyakinannya di medsos

Heboh! Pria di Serang Ngaku Titisan Nabi Khidir dan Punya Kesaktianilustrasi media sosial (IDN Times/Aditya Pratama)

Disampaikan Amas, Harimbi tidak memiliki pengikut, namun, dia kerap menyebarluaskan keyakinannya sebagai titisan Nabi Khidir di media sosial. Kemudian menyampaikan hal itu juga terhadap para penziarah di makam Ki Buyur Joharudin atau Syeikh Abdul Rozak di Perumahan Videnda, Kelurahan Kali Gandu, Kecamatan Serang, Kota Serang agar ketabibannya makin populer.

Namun, untuk makam Ki Buyit Joharudin, berdasarkan keterangan masyarakat sudah ada sejak ratusan tahun silam. Berbekal, mimpi sejak tahun 2020 dia merawat makam tersebut.

"Belakangan melalui mimpi memerintahkan Ki Tabib merawat makam tersebut. Melalui mimpi dia mendeklarasikan titisan Nabi Khidir untuk merawat kuburan tersebut," katanya.

3. Sedang dalam pembinaan MUI Kota Serang

Heboh! Pria di Serang Ngaku Titisan Nabi Khidir dan Punya KesaktianLogo Majelis Ulama Indonesia (MUI) (IDN Times/Mui.or.id)

Amas mengatakan, saat ini Harimbi tengah dalam masa pembinaan oleh MUI Kota Serang. Pihaknya pun telah meminta Harimbi menghapus tulisan titisan Nabi Khidir yang berada disekitar makam Ki Buyut Joharudin.

"Dalam rangka menjadi tabib atau kuncen makam Ki Buyut Joharudin agar berpedoman kepada ajaran islam ahli sunah waljamaah," katanya.

Baca Juga: Pria di Lebak Mengaku Dewa Matahari, Ajak Warga Tak Percaya Muhammad

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya