Jelang Libur Panjang, Volume Penyeberangan di Merak Naik 6 Persen 

Puncaknya akan terjadi malam ini

Cilegon, IDN Times - PT ASDP Indonesia Ferry memprediksi volume penyeberangan di pelabuhan Merak-Bakauheni naik sekitar 6 persen dibanding hari-hari biasa di masa pandemik COVID-19.

General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry cabang Merak, Hasan Lessy mengatakan, kendati demikian kenaikan tidak akan begitu besar saat libur panjang akhir Oktober ini. Diprediksi, volume penambahan masih jauh di bawah kapasitas penumpang di dalam kapal.

Baca Juga: Libur Panjang, Polda Banten Perketat Patroli Protokol Kesehatan

1. Volume penumpang baru menyentuh 50 persen dibanding sebelum pandemik

Jelang Libur Panjang, Volume Penyeberangan di Merak Naik 6 Persen (Instagram/ASDP)

Hasan menyampaikan, hingga saat ini jumlah penumpang dan kendaraan yang menyebdrang dari Pelabuhan Merak-Bakauheni baru menyentuh 50 persen dari kondisi normal sebelum pandemik. Dimana jumlah penumpang mencapai sebanyak 900 orang dan kendaraan sebanyak 2.000 unit.

"Jumlah penumpang 50 persen dari hari biasanya (sebelum pandemik). Sementara untuk kenaikan saat libur panjang ini hanya 6 persen,"kata Hasan saat dikonfirmasi, Selasa (27/10/2020).

2. Puncak lonjakan penumpang terjadi malam ini dan besok

Jelang Libur Panjang, Volume Penyeberangan di Merak Naik 6 Persen Pelabuhan Merak (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Meski tidak signifikan, namun pihaknya tetap mengantisipasi kemungkinan lonjakan penumpang mengingat libur panjang sampai lima hari. Hasan menggarisbawahi hal yang terpenting dalam antisipasi libur panjang ini adalah datangnya penumpang menyeberang secara bersamaan.

Secara prediksi, puncak lonjakan penumpang saat libur panjang ini akan terjadi selama dua hari, malam ini hingga besok, Rabu 28 Oktober 2020.

Ia menerangkan, penumpang biasa menyeberang satu hari sebelum libur panjang atau di cuti bersama ini karena langsung berangkat seusai pulang kerja. Penumpang juga memilih sehari sebelumnya karena benar-benar ingin memanfaatkan libur saat tiba di kampung halaman. Selain itu, ada juga penumpang yang memilih menyeberang di saat hari libur.

"Namun kenyataannya di beberapa libur panjang itu, dari pertama libur itu biasanya (puncak penumpang) satu hari berikutnya. Tapi tidak setinggi di malam ini," katanya.

3. Akan optimalkan operasikan 30 kapal

Jelang Libur Panjang, Volume Penyeberangan di Merak Naik 6 Persen Ilustrasi (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Dia menuturkan, dalam rangka mengantisipasi lonjakan penumpang pihak akan mengoptimalkan pengoperasian 29-30 kapal. Begitu juga mengoperasikan 7 dermaga yang ada. Meski memang saat ini dermaga 5 belum beroperasi maksimal, namun saat libur nanti akan dioperasikan secara terbatas.

Selain dua pelayanan itu, kata dia, yang sangat perlu diantisipasi adalah pengaruh cuaca pada penyeberangan. Karena menurutnya belakangan cuaca tidak bersahabat.

"Kita cuman berdoa, berharap selama proses libur pajang ini cuaca bersahabat," katanya.

Baca Juga: Kerap Lolos, Pengedar Dibekuk di Merak Saat Bawa 301 Kg Ganja

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya