Jokowi: Awal 2024, Pemerintah Salurkan Bantuan Pangan ke 22 Juta KPM

Bantuan disalurkan setiap bulan hingga Maret

Serang, IDN Times - Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah pusat menyalurkan bantuan pangan kepada 22,04 juta keluarga penerima manfaat (KPM) pada awal tahun 2024 ini.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menyalurkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah kepada ribuan masyarakat Kota Serang di Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Banten, Senin (8/1/2024).

"Tapi ada yang pendaftar baru sehingga di Januari ini bisa masuk untuk mendapatkan (bantuan pangan)," katanya.

Baca Juga: Resmikan Terminal di Kota Serang, Jokowi: Image Preman Harus Hilang

1. Bantuan pangan akan disalurkan setiap bulan hingga bulan Maret 2024

Jokowi: Awal 2024, Pemerintah Salurkan Bantuan Pangan ke 22 Juta KPMIDN Times/Khaerul Anwar

Jokowi mengungkap, bantuan pangan akan disalurkan hingga Maret 2023, dan apabila memungkinkan akan diberikan hingga Juni 2024. Namun, pemerintah saat ini masih menghitung kembali kemampuan fiskal untuk memastikan bantuan dilanjutkan.

"Kita sedang berusaha agar nanti kita di lanjutkan di April, Mei, Juni," katanya.

2. Jokowi sebut stok beras di Bulog mencapai 1,3 juta ton

Jokowi: Awal 2024, Pemerintah Salurkan Bantuan Pangan ke 22 Juta KPMBeras impor dari Vietnam dan Thailand penuhi kebutuan di Kalbar. (IDN Times/Teri).

Jokowi mengungkapkan, saat ini stok beras di gudang Bulog yang ada di seluruh Indonesia mencapai 1,3 juta ton. Stok itu disediakan jika terjadi penurunan atau gagal panen.

"Jadi untuk stabilitas, kita memang harus memiliki stok di gudang-gudangnya Bulog," katanya.

3. Jokowi minta warga tanam cabai di rumah agar harga tak melonjak

Jokowi: Awal 2024, Pemerintah Salurkan Bantuan Pangan ke 22 Juta KPMIDN Times/Khaerul Anwar

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga memberikan hadiah masing-masing satu unit sepeda kepada dua warga Kecamatan Taktakan, Kota Serang. Kedua warga itu mampu menjawab pertanyaan orang nomor satu di Indonesia.

Hadiah satu unit sepeda pertama diberikan kepada warga bernama Uswatun Hasanah. Ia menerima hadiah sepeda, karena mampu menghafal Pancasila.

Sedangkan hadiah satu unit sepeda kedua didapat oleh Hamdani, warga Kelurahan Umbul Tengah, Kecamatan Taktakan, ini mampu menjawab pertanyaan Jokowi soal tiga nama jenis pupuk.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya