Kampanye Virtual Belum Diminati Calon Kepala Daerah di Banten  

Masih menerapkan terapkan secara tradisional, face to face

Serang, IDN Times - Ada empat kabupaten/kota di Provinsi Banten menggelar perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Keempat daerah tersebut adalah Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang dan Kota Tangerang Selatan.

Kini para pasangan calon yang maju di Pilkada tahun ini sedang melakukan tahapan kampanye untuk mensosialisasikan visi misinya yang digelar sejak 26 September hingga 5 Desember mendatang.

Baca Juga: 4 Daerah di Banten yang Siap Gelar Pilkada Serentak 2020

1. Kampanye virtual belum diminati oleh calon kepala daerah

Kampanye Virtual Belum Diminati Calon Kepala Daerah di Banten  Kampanye kubu Bobby-Aulia di D'Kedan Cafe, Medan, Sabtu (28/9/2020). (IDN Times/Indah Permata Sari Lubis)

Dalam rangka mengantisipasi muncul klaster penyebaran COVID-19 di Pilkada, KPU telah mendorong para pasangan calon untuk menggelar kampanye secara virtual karena pandemik virus corona masih berlangsung. Hal itu pun telah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 13 Tahun 2020 tentang Pilkada Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Non-alam COVID-19.

"Kita mendorong sebenarnya virtual yah, tetapi belum melihat diminati atau tidak karena sekarang masih secara tradisional face to face. Tapi hasil pemantauan 10 hari kampanye, kampanye virtual belum diminati paslon," kata Komisioner Bawaslu Banten Nurhayati Solapari saat dikonfirmasi, Rabu (14/10/2020).

2. Paslon masih melakukan kampanye secara tatap muka

Kampanye Virtual Belum Diminati Calon Kepala Daerah di Banten  IDN Times/Dok. KPU Serang

Kendati sudah diimbau untuk melakukan kampanye secara daring, para calon kepala daerah di Banten masih melakukan kampanye secara tatap muka. Namun, menurut Nurhayati hal tersebut masih dibolehkan selama menaati protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menggunakan masker dan maksimal peserta sebanyak 50 orang.

"Kalau melanggar protokol kesehatan akan kita bubarkan dan langsung diberi surat peringatan,"katanya.

3. Daftar nama pasagan calon kepala daerah yang maju di Banten

Kampanye Virtual Belum Diminati Calon Kepala Daerah di Banten  PIlkada Tangsel (IDN Times/KPU Tangsel)

Untuk diketahui, di Pilkada Tangerang Selatan diikuti sebanýak tiga pasangan calon yakni Muhamad - Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Siti Nur Azizah Ma'ruf - Ruhamaben, dan Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan.

Sementara untuk Pilkada Cilegon diikuti empat pasangan calon yakni pasangan Ratu Ati Marliati-Sokhidin, Ali Mujahidin-Firman Mutakin, Heldy Agustian-Sanuji Pentamerta dan Iye Iman Rohiman-Awab.

Untuk Pilkada Kabupaten Pandeglang dan Serang terjadi head to head antara calon petahana dan penantang, di Pilkada Pandeglang yakni pasangan Irna Narulita- Tanto W Arban dan Thoni Fatoni Muhkson-Miftahul Tamami. Lalu Kabupaten Serang yakni pasangan Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa dan Nasrul Ulum-Eki Baehaki.

Baca Juga: Daftar Bakal Paslon yang Maju di Pilkada Serentak 2020 di Banten 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya