Kapolda Banten: Tunggu Hasil Pilkada di Rumah Saja!

3.500 personel diterjunkan untuk kawal pilkada di Banten

Serang, IDN Times - Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar menyampaikan gangguan paling rawan dalam perhelatan Pilkada tahun ini adalah kesehatan. Rawan terjadi kerumunan sehingga potensi penyebaran virus corona pada saat pelaksanaan pencoblosan san penghitungan suara sangat besar.

"Ancaman kita saat berhimpun menyaksikan perhitungan. Makanya masyarakat tunggu hasilnya di rumah saja," kata Fiandar, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga: 4 Daerah di Banten yang Siap Gelar Pilkada Serentak 2020

1. Perhelatan Pilkada di Banten masih kondusif

Kapolda Banten: Tunggu Hasil Pilkada di Rumah Saja!Dok. Humas Polda Banten

Sementara itu, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, kerawanan pada perhelatan Pilkada mulai dari pelaksanaan proses pendaftaran, kampanye, pemungutan suara, sampai dengan penghitungan suara hingga penetapan calon. Sehingga pada setiap tahap proses tersebut harus dilakukan pengamanan dalam rangka mewujudkan pilkada yang aman kondusif dan tidak terjadi konflik antar pendukung.

Semuanya kita liat dari perkembangan situasi bahwa masih dalam situasi yang terkendali, jadi kita akan menjaga stabilitas keamanan itu sesuai dengan tugas masing-masing," kata Pangdam saat memimpin apel kesiapsiagaan pengamanan Pilkada Serentak 2020 di alun-alun Kota Serang, Rabu (25/11/2020).

2. Jika ada kerumunan akan dibubarkan!

Kapolda Banten: Tunggu Hasil Pilkada di Rumah Saja!Dok. Humas Polda Banten

Disampaikan Pangdam, sejauh ini pemerintah telah mengeluarkan anggaran besar untuk penanganan COVID-19. Dia berharap seluruh masyarakat maupun peserta pilkada untuk mentaati protokol kesehatan untuk mengurangi jumlah kasus COVID-19.

"Kalau sudah diingatkan tidak mengikuti, polisi, Satpol PP akan mengambil tindakan dan di backup oleh TNI. Ya kita bubarin karena itu sudah melanggar prokes," katanya.

Baca Juga: KPU Pandeglang Tetapkan Pemilih Mencapai 904.782 Orang 

3. ada 3.500 aparat yang diterjunkan untuk pengamanan pilkada di banten

Kapolda Banten: Tunggu Hasil Pilkada di Rumah Saja!Bilik suara saat simulasi Pilkada Serentak 2020 (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Sebanyak 3.500 anggota tim gabungan dari TNI-Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja diterjunkan dalam rangka pengamanan perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Banten.

Ada tiga daerah yakni Kabupaten Pandeglang, Kaupaten Serang dan Kota Cilegon yang menggelar pilkada masuk dalam wilayah hukum Polda Banten dan Kodam III Siliwangi.

Baca Juga: Berebut Tahta Wali dan Wakil Kota Tangsel, Ini Visi Misi 3 Paslon

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya