Kapolda: Puncak Arus Mudik di Ciwandan-Merak Sudah Mulai Jumat Malam

Penjualan tiket meningkat 70 persen

Serang, IDN Times - Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim mengatakan, puncak arus mudik di Pelabuhan Ciwandan dan Merak sudah dimulai  pada Jumat malam (5/4/2024). Ia memprediksi puncak arus mudik akan berjalan hingga tiga hari ke depan pada Minggu (7/4/2024).

"Peningkatan arus mudik mulai hari ini startnya sampai dengan tiga hari kedepan tentunya tadi," kata Abdul Karim di Pelabuhan Ciwandan.

1. Penjualan tiket meningkat 70 persen dibanding hari sebelumnya

Kapolda: Puncak Arus Mudik di Ciwandan-Merak Sudah Mulai Jumat MalamIDN Times/Khaerul Anwar

Abdul Karim mengatakan, penjualan tiket hingga Sabtu, 6 April 2024 pukul 00.00 WIB malam ini meningkat 70 persen. Sedikitnya, 6 ribu kendaraan memadati Pelabuhan Ciwandan dibanding penjualan tiket pada hari sebelumnya.

"Itu sampai jam 12 malam tapi nanti setelah jam 12 itu belum terekap, namun terus sampai dengan subuh potensi peningkatannya," katanya.

Peningkatan ini tentunya, kata Al Muktabar, harus disingkrongkan dengan kesiapan 11 armada kapal yang telah disiapkan di Pelabuhan Ciwandan, termasuk dengan fasilitas penunjang yang ada di area pelabuhan.

"Mudah-mudahan sampai dengan penambahan penumpukkan nanti itu tidak mengalami hambatan," katanya.

2. Polisi mulai lakukan penyekatan di setiap persimpangan menuju Ciwandan

Kapolda: Puncak Arus Mudik di Ciwandan-Merak Sudah Mulai Jumat MalamIDN Times/Khaerul Anwar

Kemudian, lanjut Abdul, saat ini Polda Banten dan jajaran sudah mulai melakukan penyekatan pemudik kendaraan roda dua dari arah Tangerang menuju pelabuhan.

"Kami akan kawal pengguna roda dua dari simpang JLS sampai dengan kesini. Mulai dari jalan arteri di Serang sudah kami kawal menggunakan kendaraan bermotor," katanya.

3. Kepadatan juga sudah terjadi di tol memuju Pelabuhan Merak

Kapolda: Puncak Arus Mudik di Ciwandan-Merak Sudah Mulai Jumat MalamGerbang Tol Merak saat arus mudik 2024 (IDN Times/Khaerul Anwar)

Sementara untuk arus lalu lintas pemudik kendaraan roda empat yang akan melakukan penyeberangan via Pelabuhan Merak mulai terjadi kepadatan di jalan tol Tangerang-Merak yang cukup signifikan. Namun, ia belum mengecek apakah kepadatan di jalan tol itu turut berimbas terhadap aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Merak.

"Peningkatan (kendaran roda empat di jalur tol) yang cukup signifikan tapi setelah ini akan kami cek ke merak," katanya.

Baca Juga: H-5 Lebaran, Arus Mudik di Pelabuhan Ciwandan Ramai Lancar

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya