Kebun Teh di Selatan Lebak Jadi Objek Wisata Unggulan Banten 

Keindahan alam siap memanjakan mata wisatawan

Lebak, IDN Times - Selain menghasilkan teh kelas dunia, perkebunan teh Cikuya, di Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, memiliki panorama indah yang menambah kesempurnaan perkebunan teh kawasan Gunung Halimun Salak.

Pemandangan yang eksotis dan Instagramable, menjadikan perkebunan teh Cikuya masuk dalam enam objek wisata unggulan di Kabupaten Lebak, Banten.

1. Keindahan alam saat perjalanan siap memanjakan mata wisatawan

Kebun Teh di Selatan Lebak Jadi Objek Wisata Unggulan Banten IDN Times/Khaerul Anwar

Sepanjang perjalanan menuju ke perkebunan ini, kalian akan disuguhkan panorama yang lengkap dari deretan keindahan alam Lebak Selatan. Mulai dari hamparan pantai, pegunungan, dan berbagai keindahan lain yang memanjakan mata setiap penikmatnya. Dari kejauhan tampak hamparan pohon teh serta sejumlah petani yang sedang memetik daun teh.

Suasana sejuk akan mulai terasa saat tiba di pabrik pengolahan teh kelas dunia tersebut. Semua orang yang mengunjungi kebun teh sepertinya akan berdecak kagum, karena ternyata di peloksok Lebak, Banten, terdapat kebun teh yang tak kalah indahnya. Sejauh mata memandang, terhampar hijaunya pohon teh di areal sekitar 30 hektar.

Apau, manager perkebunan teh PT. Harendong Green Farm mengatakan, pihaknya berniat membuka wisata di perkebunan teh tersebut. Sebab penanaman teh secara organik dan hanya fokus terhadap produksi teh terbaik. Namun seiring ramainya wisatawan yang datang, pihak perkebunan membuka objek wisata.

"Wisata orang datang mulai ramai sekitar 3 tahun ke belakang karena era medsos," kata Apau, Senin (28/12/2020).

Baca Juga: Mengenal Teh Kelas Dunia dari Perkebunan di Selatan Banten 

2. Selain berswafoto, wisatawan pun akan mendapat oleh-oleh teh

Kebun Teh di Selatan Lebak Jadi Objek Wisata Unggulan Banten Dok. Instagram/objek wisata perkebunan teh Cikuya

Selain bisa menikmati udara sejuk, berswafoto sembari menyeruput teh bersama teman-teman atau pasangan langsung di kebunnya, wisatawan akan mendapat oleh-oleh teh dari pengelola perkebunan. Cukup membayar tiket masuk Rp10 ribu. 

"Wisatawan datang diberi teh, dia gak rugi. Masuk Rp10 ribu sudah dapat teh buat oleh-oleh," katanya.

3. Rute menuju perkebunan teh Cikuya

Kebun Teh di Selatan Lebak Jadi Objek Wisata Unggulan Banten IDN Times/Khaerul Anwar

Untuk menuju perkebunan teh pertama di Selatan Banten ini tidaklah begitu sulit. Kondisi jalan cukup baik dan sudah teraspal.

Jika dari Jakarta, kalian bisa melewati Serang atau langsung ke Rengkasbitung lalu Gunung Kencana-Malingping-Bayah-Cikotok-Cibeber.

Baca Juga: Pemprov Banten Minta Objek Wisata Ditutup Saat Libur Tahun Baru  

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya