Klaster Keluarga Meningkat, Pasien OTG Tetap Isolasi di Rumah 

Ketersediaan tempat tidur RS di Banten terbatas

Serang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Banten tidak akan menerapkan kebijakan isolasi di rumah sakit bagi pasien corona atau COVID-19 yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) meski klaster keluarga meningkat di wilayahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, pasien OTG tetap melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing dan dilakukan pemantauan oleh tim Satuan Tugas (Satgas) penanganan COVID-19 masing-masing daerah.

"Kebijakan kita tetap, yang positif dengan gejala dilakukan isolasi di rumah sakit. Sedangkan untuk positif tanpa gejala tetap dilakukan isolasi di rumah lawan COVID atau isolasi mandiri. Hal ini sebagai antisipasi ketersediaan tempat tidur isolasi di rumah sakit bagi yang benar-benar membutuhkan pertolongan," kata Ati saat dikonfirmasi, selasa (8/9/2020).

Baca Juga: 31 Warga Kabupaten Tangerang Positif COVID-19, Diduga Kluster Pabrik

1. Mobilitas masyarakat di masa new normal tak terkendali

Klaster Keluarga Meningkat, Pasien OTG Tetap Isolasi di Rumah Pekerja membersihkan meja dengan penerapan protokol kesehatan saat simulasi pembukaan dan peninjauan tempat hiburan bioskop CGV Cinemas di Bandung Electronic Center (BEC), Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/7/2020) (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Mantan Kepala RSUD Kota Tangerang itu mengungkapkan peningkatan kasus positif dikarenakan terjadi penurunan displin masyarakat terhadap protokol kesehatan selama pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap 9 dan 10. Selain itu, mobilitas masyarakat pada masa new normal juga tidak terkendali.

"Kita juga melihat belum optimalnya pelaksanaan protokol kesehatan. Sehingga, faktor-faktor tersebut menyebabkan adanya peningkatan kasus," katanya.

Baca Juga: Gubernur Banten Terapkan PSBB di Semua Wilayah Akibat Kasus Meningkat

2. Kasus positif corona di Banten tembus 3 ribu lebih

Klaster Keluarga Meningkat, Pasien OTG Tetap Isolasi di Rumah theconversation.com

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinas Kesehatan Provinsi Banten, total jumlah kasus positif corona di wilayahnya sebanyak 3.136 orang. Rincianya, sebanyak 692 orang masih dirawat, sebanyak 2.298 orang sembuh dan sebanyak 146 orang meninggal dunia.

Lebih lanjut, Ati menerangkan, selain itu, intensitas screening COVID-19 meningkat di delapan kabupaten/kota Provinsi Banten. Pihaknya juga berharap agar dilakukan gerakan edukasi dan inovasi melalui solidaritas bersama seluruh komponen masyarakat.

"Dalam meningkatkan kesadaran bahaya wabah COVID-19 di masyarakat, atau tidak hanya menjadi tanggung jawab bidang Kesehatan saja," katanya.

3. Seluruh daerah di Banten diterapkan PSBB

Klaster Keluarga Meningkat, Pasien OTG Tetap Isolasi di Rumah Satpol PP memberi sanksi terhadap pelanggar PSBB di Jakarta (Instagram.com/satpolpp.dki)

Untuk diketahui, Pemprov Banten memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di seluruh wilayahnya pada Senin (7/9/2020) kemarin. Kebijakan ini diambil seiring terus meningkatnya potensi penularan virus corona tipe baru, SARS-CoV-2, di delapan kabupaten dan kota.

Baca Juga: Ribuan Pelaku UMKM di Kota Tangerang Dapat Bantuan Rp600 Ribu

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya