Kota Serang Setuju untuk Tampung Sampah dari Tangsel 

Kota Serang akan tampung 400 ton sampah per hari

Serang, IDN Times - Pemerintah Kota Serang dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan sepakat menjalin kerja sama pengembangan sejumlah bidang. Salah satunya yang menjadi fokus kerja sama adalah pengelolaan sampah.

Nota kesepahaman (MoU) masalah ini ditandatangani Wali Kota Serang Syafrudin dan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany di Kota Serang, Jumat (22/1/2021).

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, ada sebanyak 14 bidang kerja sama diantaranya meliputi di bidang pendidikan, kesehatan, perumahan, dan kawasan permukiman, sosial hingga pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kerja sama di bidang lingkungan hidup menjadi bidang yang diprioritaskan.

1. Kota Serang akan tampung dan kelola sampah dari Tangsel

Kota Serang Setuju untuk Tampung Sampah dari Tangsel Ilustrasi (ANTARA FOTO/Armansyah Putra)

Syafrudin menjelaskan, kerjasama di bidang lingkungan hidup yang akan dijalankan adalah penampungan dan pengolahan sampah Kota Tangsel di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cilowong Kota Serang. Ibu Kota Banten akan menampung 400 ton sampah per hari dari daerah yang berbatasan dengan DKI Jakarta tersebut.

"Kemudian yang paling pertama kerja sama ini masalah persampahan ini secepatnya," kata Syafrudin.

Baca Juga: Kota Serang Akan Tampung 300 Ton Sampah per Hari dari Tangsel 

2. Kota Serang akan mendapat sejumlah imbalan

Kota Serang Setuju untuk Tampung Sampah dari Tangsel ilustrasi sampah (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Sementara, untuk keuntungan Kota Serang di bidang kerja sama tersebut baru akan dibahas dalam poin perjanjian kerja sama antar kedua Dinas Lingkungan Hidup. Namun, Kota Tangsel sudah menyepakati akan memberikan sejumlah fasilitas kepada Kota Serang, diantaranya bantuan infrastruktur jalan hingga alat berat.

Kota Serang sendiri mengusulkan imbalan senilai Rp48 miliar terkait pengelolaan persampahan.

"Nilai yang kami sampaikan sudah di-ACC, termasuk infrastruktur jalan dan alat berat," katanya.

3. Wali Kota Airin: harus saling menguntungkan

Kota Serang Setuju untuk Tampung Sampah dari Tangsel ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Di tempat yang sama, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany berharap kerja sama ini dapat menghadirkan keuntungan antara Kota Tangsel dan Kota Serang. Dia yakin Kota Serang mampu mengelola dengan baik terkait pengolahan sampah.

"Saya yakin tata cara mengelola sampah kota Serang sudah siap, sambil menunggu pengembangan teknologi yang akan dikembangkan," katanya.

4. Daya tampung TPSA Cilowong diprediksi bertahan hingga 2026

Kota Serang Setuju untuk Tampung Sampah dari Tangsel ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang Ipiyanto menuturkan, berdasarkan hasil kajian daya tampung TPSA Cilowong mampu bertahan hingga 2026 jika sampah tidak dikelola.

Namun dia mengatakan, DLH Kota Serang akan mengembangkan sistem pengolahan sampah dengan memakai teknologi yang dapat meningkatkan daya tampung TPSA Cilowong.

"Sistem pengolahan sampah menggunakan teknologi dengan mesin incinerator menghabiskan sampah dan menghasilkan debu. Kedua memproses sampah untuk dapat manfaat," katanya.

Baca Juga: PCR Labkesda Tangsel Maintenance, PKS: Harus Jelas Sampai Kapan? 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya