Kota Serang Terima 3.380 Dosis Vaksin untuk Tenaga Kesehatan  

Vaksinasi akan digelar di 33 fasilitas kesehatan

Serang, IDN Times - Kota Serang menerima jatah sekitar 3.380 dosis Sinovac untuk jilid pertama. Vaksinisasi di COVID-19 tahap pertama itu diprioritaskan terhadap tenaga kesehatan.

"Vaksin COVID-19 untuk kota Serang sudah kita terima jumlahnya seluruhnya 3.380 dosis. Ini tahap pertama provinsi mengagendakan untuk kota Serang dan Kota Tangsel," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Serang, Ratu Ani Nuraeni, Selasa (12/1/2021). 

Baca Juga: Hanya Kota Serang dan Tangsel yang Dapat Vaksin Tahap I di Banten

1. Sebanyak 33 faskes disiapkan untuk pelaksanaan vaksinisasi

Kota Serang Terima 3.380 Dosis Vaksin untuk Tenaga Kesehatan  Dok. Dinkes Kota Serang

Ratu menyampaikan, Dinas Kesehatan Kota Serang telah menyiapkan sebanyak 33 fasilitas kesehatan (faskes) untuk pelayanan vaksinasi. Terdiri dari sebanyak 16 puskesmas, sebanyak 9 klinik dan 8 rumah sakit milik pemerintah daerah dan swasta di Kota Serang.

"Petugas puskesmas, klinik dan rumah sakit yang ditunjuk sudah dilatih untuk menjadi vaksinator. Vaksinator ada 99 orang. Ada 3 petugas setiap faskes," katanya.

2. Sebanyak 3 lemari pendingin disiapkan untuk penyimpanan vaksin

Kota Serang Terima 3.380 Dosis Vaksin untuk Tenaga Kesehatan  Dok. Dinkes Kota Serang

Vaksin yang diterima sementara akan disimpan di gudang Dinas Kesehatan Kota Serang sebelum didistribusikan ke setiap faskes vaksin COVID-19. Pihaknya telah menyiapkan sebanyak tiga lemari pendingin untuk penyimpanan vaksin buatan Tiongkok tersebut.

"Dari 6 lemari pendingin yang ada, 3 lemari pendingin sudah disipakan untuk simpan vaksin. Pokoknya vaksin harus terjaga supaya kualitas tetap terjaga," katanya.

3. Vaksinasi dilaksanakan setelah launching tingkat provinsi

Kota Serang Terima 3.380 Dosis Vaksin untuk Tenaga Kesehatan  Dok. Dinkes Kota Serang

Ratu menambahkan, pelaksanaan vaksinasi di tingkat kota dan kabupaten akan dilaksanakan setelah launching yang dilakukan oleh tingkat provinsi, yakn 14 Januari mendatang. 


"Pastinya ada (tidak lolos) karena nakes ada juga yang di atas umur 59 tahun. Kami masih sisir tenaga kesehatan yang menerima SMS tadi jumlah berapa," katanya.

Baca Juga: Ragu-Takut, Perasaan Nakes di Banten Menerima Vaksin Pertama

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya