Comscore Tracker

Kunjungan Wisatawan Ke Pantai Anyer-Carita Saat Nataru Hanya 5 Persen

Akibat ada pembatasan dan isu tsunami

Serang, IDN Times - Kunjungan wisata ke kawasan wisata Pantai Anyer dan Carita saat Libur Natal dan Tahun Baru 2022 lalu, terjun bebas. Para pelaku wisata pun merugi karena anjloknya kunjungan wisatawan.

"Kunjungan wisatawan hanya 5 persen ke kawasan wisata pantai Anyer-Carita terhitung dari 24 (Desember 2021) hingga 2 Januari 2022," kata Ade Irvan, salah satu pelaku wisata di Anyer saat dikonfirmasi, Selasa (4/1/2022).

1. Hanya 50 ribu wisatawan yang berkunjung ke pantai

Kunjungan Wisatawan Ke Pantai Anyer-Carita Saat Nataru Hanya 5 Persen(ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Dia menyampaikan, kunjungan wisata pada liburan natal dan tahun baru kali ini memurun drastis. Berdasarkan data yang dihimpun, hanya 5 persen kunjungan dibanding tahun lalu. Jumlah kunjungan wisatawan hanya menyentuh sebanyak 50 ribu pengunjung wisata pantai.

"Tahun lalu kunjungan sampe 1,5 juta orang di kawasan wisata pantai," tuturnya.

2. Pelaku wisata menduga anjloknya wisatawan ini karena ada pembatasan dan isu tsunami

Kunjungan Wisatawan Ke Pantai Anyer-Carita Saat Nataru Hanya 5 PersenPetugas kepolisian menghentikan kendaraan saat melintasi posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (10/5/2021). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Dia menyebutkan turunnya kunjungan wisata tersebut adanya Intruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 37/2021 tentang PP pada Nataru 2022 sehingga adanya pembatasan perjalanan dan skema rekayasa lalu lintas ganjil genap menuju Kawasan Wisata Pantai.

"Terlebih sebelum tahun baru beredar isu tsunami yang menerjang Cilegon menambah beban bagi para pelaku wisata," katanya.

Baca Juga: BMKG: Ada Potensi Tsunami 8 Meter di Cilegon Banten saat Libur Nataru

Baca Juga: Walkot Cilegon Keluarkan Imbauan Kesiapan Potensi Tsunami Akhir Tahun

3. Pendapatan pedagang di pantai anjlok

Kunjungan Wisatawan Ke Pantai Anyer-Carita Saat Nataru Hanya 5 Perseninstagram

Akibat anjloknya pengunjung tersebut, pendapatan para pedagang di sepanjang pantai Banten, terutama Anyer dan Carita menurun drastis bahkan banyak yang tidak kembali modal karena barang dagangan tak laku.

"Ya otomatis menurun, yang biasanya akhir tahun pendapatan misalkan 100 ribu, ini malah 10 ribu," katanya.

Sementara, terkait adanya kemacetan lalu lintas di kawasan wisata pada 1 dan 2 Januari 2022, Ade menjelaskan hal itu inisiatif warga yang memberanikan liburan pada akhir waktu libur dan itu pun tidak bisa menutup kerugian hari sebelu

"Rame cuma 2 hari itupun gak ngangkat juga sama terhadap pendapatan karena mayoritas gak ke wisata pantai tapi ke kolam renang," katanya.

Baca Juga: Suap Lahan Parkir, Eks Kadishub Cilegon Dituntut 2,5 Tahun Bui

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya