Libur Lebaran, 400 Ribu Wisatawan Kunjungi Destinasi di Banten 

Puncak keramaian diprediksi terjadi besok

Serang, IDN Times - Pengunjung destinasi wisata di Provinsi Banten mencapai 400 ribu orang pada H+2 Lebaran 2023. Objek destinasi yang paling banyak dikunjungi yakni Pantai Carita, Anyer, Tanjung Lesung hingga Sawarna.

"Jumlah Kunjungan wisatawan tersebut tersebar hampir diseluruh destinasi wisata terbuka provinsi Banten," kata Ketua Umum Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Ade Erivin, Selasa (25/4/2023).

Baca Juga: 7 Pantai di Pandeglang Ini Juga Punya View Indah, Gak Kalah dari Anyer

1. Kunjungan di setiap destinasi wisata merata

Libur Lebaran, 400 Ribu Wisatawan Kunjungi Destinasi di Banten IDN Times/Khaerul Anwar

Berdasarkan data Balawista, hampir seluruh destinasi wisata di Banten dipadati wisatawan lokal maupun luar daerah Jabodetabek. Bukan hanya wisata air seperti pantai, tapi destinasi wisata alam dan buatan juga dipenuhi pengunjung.

Perekonomian masyarakat yang bergantung di sektor pariwisata kini disebut bangkit kembali usai badai bencana tsunami 2018 dan pandemik COVID-19.

"Wisatawan kali ini cukup merata hampir terjadi kepadatan di setiap destinasi wisata, bukan hanya pantai tetapi sektor wisata lain juga cukup dipenuhi wisatawan yang berlibur," katanya.

2. Puncak keramaian wisata diprediksi terjadi besok

Libur Lebaran, 400 Ribu Wisatawan Kunjungi Destinasi di Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Ade mengatakan, berdasarkan hasil analis tim kajian aktivis wisata, puncak keramaian idul fitri 2023 di tempat wisata di Banten bakal terjadi pada Rabu (26/4/2023) mendatang.

"Dan akan kembali padat pada tanggal 29 dan 30 April 2023," katanya.

3. Terjadi kemacetan parah menuju Anyer-Carita dua hari lalu

Libur Lebaran, 400 Ribu Wisatawan Kunjungi Destinasi di Banten Warga menghabiskan libur Lebaran 2020 di pantai di Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Diketahui sebelumnya, arus lalu lintas menuju Pantai Anter dan Carita mengalami macet parah sejak Minggu (23/4/2023) hingga Senin (24/4/2023). Sehingga polisi melakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukam one way atau sistem satu arah ke Anyer-Carita

Bahkan pada Senin pukul 15:00 WIB, polisi menutup akses lalu lintas ke Anyer dan Carita karena pantai sudah penuh.

 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya