Massa Demo 1812 Diminta Polisi Putar Arah di Perbatasan Banten 

Bus yang ditumpangi massa dikawal kembali ke tempat asal

Serang, IDN Times - Massa yang tergabung dalam Aliansi Nasional Anti Komunis menggelar Aksi 1812 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (18/12/2020). Mereka menuntut pemerintah mengungkap peristiwa penembakan enam orang laskar Front Pembela Islam (FPI).

Selain itu, massa pendemo juga menuntut pembebasan tanpa syarat terhadap Imam Besar FPI, Rizieq Shihab, yang ditahan dan menjadi tersangka kasus kerumunan beberapa waktu lalu.

Namun sebelum bergabung dengan massa aksi di Istana Negara, beberapa rombongan justru diminta putar arah oleh polisi di perbatasan Banten. Bahkan bus yang ditumpangi peserta aksi dikawal untuk kembali ke tempat asal.

1. Massa FPI terjaring operasi penyekatan

Massa Demo 1812 Diminta Polisi Putar Arah di Perbatasan Banten Dok. Humas Polres Serang

Dalam rangka mengantisipasi terjadinya kerumunan massa dalam aksi 1812 tersebut, sejumlah pintu masuk ke Jakarta dijaga ketat oleh pihak kepolisian untuk penyekatan kendaraan menuju Jakarta. Ditemukan satu bus membawa massa aksi 1812 menuju Istana, Jakarta.

"Kita temukan bus PO Arimbi Jaya Agung Cikokol, Tangerang, yang membawa massa aksi 1812 menuju Istana Negara di perbatasan Serang-Tangerang," kata Kapolres Serang AKBP Mariyono saat dikonfirmasi.

Baca Juga: FPI Sumsel Ancam Demo di Jakarta Jika Rizieq Shihab Tak Dibebaskan

2. Rombongan DPW FPI Lebak putar balik

Massa Demo 1812 Diminta Polisi Putar Arah di Perbatasan Banten Suasana sekitar Markas FPI, Petamburan, Jakarta Pusat, Selasa (8/12/2020) (IDN Times/Aryodamar)

Disampaikan Mariyono, sekitar 50 orang lebih massa dan simpatisan FPI Kabupaten Lebak diberhentikan lalu diminta putar arah ke tempat asal, karena situasi pandemik COVID-19 belum berakhir.

"Jakarta saat ini masih zona merah. Massa yang kita putar balik itu dipimpin oleh Bendahara FPI Lebak, Mulyadi," katanya.

3. Bus dikawal kembali ke titik keberangkatan

Massa Demo 1812 Diminta Polisi Putar Arah di Perbatasan Banten Dok. Humas Polres Serang

Setelah mendapat edukasi dan pemahaman, akhirnya massa FPI tersebut kembali ke tempat asal dan gagal mengikuti aksi 1812 di Istana Negara. Mereka pun dikawal aparat kepolisian hingga kembali ke titik awal keberangkatan di Kecamatan Picung dan Malingping, Lebak.

Baca Juga: Sidang Perdana Praperadilan Rizieq Shihab Digelar 4 Januari 2021

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya