Mau Beli Bekas Mobil Dinas, Syafrudin: Jangan Dipersulit

Syafrudin menyayangkan sikap Pemkot Serang

Serang, IDN Times - Syafrudin akhirnya angkat bicara soal masih menguasai mobil Land Cruiser Prado, meski tak lagi menjabat sebagai Wali Kota Serang. Bekas mobil dinas tersebut akan dibeli, namun hingga saat surat keputusan (SK) penjualan tak kunjung diterbitkan oleh Pemerintah Kota Serang.

"Ya jangan dipersulit, kan ada aturannya seluruh Indonesia. Wali kota itu kalau sudah berhenti bawa mobil dinas, gak ada yang diserahkan lagi. Ada aturannya. Tanya ke Mendagri, jangan mempersulit," kata Syafrudin, Kamis (6/6/2024).

Baca Juga: Mobil Dinas Wali Kota Serang Masih Dikuasai Syafrudin

1. Syafrudin menyayangkan sikap Pemkot Serang

Mau Beli Bekas Mobil Dinas, Syafrudin: Jangan DipersulitIDN Times/Khaerul Anwar

Syafrudin menyayangkan, sikap Pemkot Serang yang tak kunjung mengeluarkan SK penjualan. Padahal, pembelian mobil dinas oleh mantan kepala daerah yang pernah menjabat telah tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 20 tahun 2022 Tentang Penjualan Barang Milik Negara/Daerah Berupa Kendaraan Perorangan Dinas.

"Kecuali tidak ada aturannya untuk membawa atau membeli mobil itu, baru saya serahkan. Semua kepala daerah bawa kendaraan," katanya.

2. Syafrudin mengaku mau membeli mobil dinasnya saat menjadi wali kota karena harganya lebih murah

Mau Beli Bekas Mobil Dinas, Syafrudin: Jangan DipersulitIDN Times/Khaerul Anwar

Menurutnya, Land Cruiser Prado bekas kendaraan dinasnya saat menjabat orang nomor satu di Kota Serang itu telah memenuhi syarat dijual karena telah lebih berusia 4 tahun sebagaimana tercatat dalam aturan.

Selain itu, uang yang dikeluarkan untuk memboyong mobil tersebut hanya mengeluarkan uang 40 persen dari nilai harga jual mobil berdasarkan hitungan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Hal itu juga jadi alasan Syafrudin bersedia membeli mobil tersebut. Berdasarkan hitungan KPKNL dengan kondisi umurnya yang sudah mencapai 4 tahun, harga Land Cruiser Prado tersebut senilai Rp1,2 miliar.

"Hanya 40 persen saya bayar itu, jadi semua juga pasti mau gitu, kecuali saya melanggar aturan," katanya.

3. Syafrudin ingin menjadikan mobil itu sebagai kenangan

Mau Beli Bekas Mobil Dinas, Syafrudin: Jangan DipersulitIDN Times/Khaerul Anwar

Selain bisa membeli dengan harga murah, tambah Syafrudin, pada mobil tersebut terdapat banyak cerita suka atau pun duka karena telah menemani selama 5 tahun lamanya semasa menjabat Wali Kota Serang.

"Itu gak bakal saya jual sampai kapan pun untuk kenangan. Jangan diperkeruh sih," katanya.

Baca Juga: Syafrudin Daftar Penjaringan Calon Wali Kota Serang di PDIP

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya