Mencoblos di TPS Pancur, Al Muktabar Minta Petugas KPPS Jaga Kesehatan

Pj Gubernur ditemani oleh Kejati Banten Didik Farkhan

Serang, IDN Times - Pj Gubernur Banten Al Muktabar menyalurkan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara 05, Kelurahan Pancur, Kecamatan Taktakan, Kota Serang. Orang nomor satu di Banten itu mencoblos bersama dengan Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Didik Farkhan Alisyahdi di TPS yang sama.

Dari pantauan IDN Times di lokasi, keduanya datang bersamaan ke TPS 05 pukul 10.15 WIB lalu menyerahkan formulir A5 atau surat pindah memilih karena masih tercatat sebagai warga DKI Jakarta.

Baca Juga: Hujan Deras, Sejumlah TPS di Kabupaten Tangerang Dikepung Banjir

1. Pj Gubernur hanya mendapat surat suara presiden dan wakil presiden

Mencoblos di TPS Pancur, Al Muktabar Minta Petugas KPPS Jaga KesehatanIDN Times/Khaerul Anwar

Kemudian, keduanya duduk di kursi tunggu, menunggu dipanggil oleh petugas KPPS. Tak lama menunggu, Al Muktabar lalu dipanggil bersama Kajati untuk mengambil surat suara.

Al Muktabar dan Didik hanya diberikan surat suara pemilihan presiden (pilpres), lalu menuju bilik suara. Tak membutuhkan waktu lama, keduanya lalu bersamaan menuju kotak suara untuk memasukan surat suara yang telah dicoblos.

"Saya dengan Pak Kajati, Pak Asintel, kami menggunakan hak pilih. Ini sampling saja tempatnya," kata Al Muktabar, Rabu (14/2/2024).

2. Al Muktabar menilai, masyarakat Banten antusias datang ke TPS

Mencoblos di TPS Pancur, Al Muktabar Minta Petugas KPPS Jaga KesehatanIDN Times/Khaerul Anwar

Mantan Sekda Banten itu mengajak seluruh warganya untuk datang ke TPA agar bisa berpartisipasi dalam pesta demokrasi tahun ini. Namun, berdasarkan pemantauannya sejak pagi hari masyarakat sangat antusias terbukti TPS yang dilihatnya dipenuhi dengan pemilih.

"Tadi melihat antusias masyarakat dibeberapa titik sedang bersama sama (datang ke TPS), tingkat partisipasi optimis semakin baik," katanya.

3. Petugas KPPS diimbau menjaga kesehatan

Mencoblos di TPS Pancur, Al Muktabar Minta Petugas KPPS Jaga KesehatanIDN Times/Khaerul Anwar

Dalam kesempatan itu juga, Al Muktabar, mengingatkan kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk menjaga kesehatannya. Mengingat, kata dia, waktu penghitungan akan sampai malam.

Pemprov Banten, lanjut Al Muktabar, telah menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan untuk menyiagakan tim-tim kesehatan dan fasilitasnya pada hari ini.

"Faskes kami sudah siapkan, semua on, semua ready, dan apabila ada hal hal yang diperlukan ada juga tim yang mobile untuk mengecek kesehatan," katanya.

Baca Juga: Sejumlah Petugas KPPS di Tangsel Derita Penyakit Berisiko Tinggi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya