Merak Macet, Kapal di Bakauheni Hanya Terapkan Bongkar Muatan

Merak macet 15 km, Kapolda akui ada peningkatan volume

Serang, IDN Times - Pelabuhan Bakauheni hanya mulai menerapkan sistem bongkar dan langsung kembali ke Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. Langkah ini ditempuh untuk memecah antrean di Pelabuhan Merak.

Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim menuding, delay saat proses bongkar muat di Bakauheni yang menjadi penyebab lambatnya proses pengangkutan di Pelabuhan Merak sehingga terjadi antrean panjang. Pada Sabtu sore, antrean di Merak mengular hingga 15 kilometer (km).

"Jadi kapal polanya kapal tiba, bongkar, langsung berangkat kembali lagi. Jadi tidak menunggu penumpang dari Bakauheni. Jadi sudah dilakukan diskresi," kata Abdul Karim, Sabtu (6/4/2024).

Baca Juga: Tiket Habis, Sejumlah Pemudik Tiba di Pelabuhan Merak Gak Punya Tiket

1. Kebijakan hanya bongkar muatan diterapkan di Bakauheni

Merak Macet, Kapal di Bakauheni Hanya Terapkan Bongkar MuatanPotret pantauan udara di Pelabuhan Bakauheni pada H-4 Lebaran 2024. (IDN Times/Istimewa).

Kebijakan bongkar dan kembali ke Pelabuhan Merak sudah mulai dilakukan saat ini terhadap sejumlah kapal atas persetujuan Menteri Perhubungan. Diketahui, ada 66 armada kapal disiapkan di Pelabuhan Merak untuk mengangkut pemudik.

"Jadi intinya pemerintah sudah sangat serius memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik melalui Pelabuhan Merak ini," katanya.

2. Merak macet 15 km, Kapolda akui adanya peningkatan volume kendaran cukup signifikan

Merak Macet, Kapal di Bakauheni Hanya Terapkan Bongkar MuatanIDN Times/Khaerul Anwar

Abdul Karim mengakui, adanya peningkatan volume kendaraan yang cukup signifikan di tol yang menuju Pelabuhan Merak. Diketahui, tercatat pada Sabtu (6/4/2024) sore antrean kendaraan mengular hingga 15 kilometer.

Hal ini sesuai dengan prediksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) adanya peningkatan 63 persen pemudik pada libur lebaran tahun ini.

"Nah tentunya kalau misalnya masyarakat paham ada seperti ini, itu bisa mengatur penjadwalan untuk mereka berangkat, bisa mengantisipasi lebih awal," katanya.

3. Ada sebanyak 29 ribu kendaraan menyeberang di H-4

Merak Macet, Kapal di Bakauheni Hanya Terapkan Bongkar MuatanTerminal eksekutif Pelabuhan Merak, Banten. (dok. ASDP)

Disampaikan Karim, dari data PT ASDP Cabang Merak tercatat yang melakukan penyeberangan melalui Pelabuhan Merak pada H-4 lebaran mencapai 29 ribu kendaraan. Ada kenaikan drastis dibanding tahun sebelumnya di hari yang sama sebanyak 18 ribu kendaraan.

"Khusus untuk per hari ini, jadi peningkatannya cukup luar biasa hari ini," katanya.

Baca Juga: Korlantas Polri Imbau Pemudik Menuju Merak Sesuai Tanggal Tiket Kapal

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya