Mess Tenaga Medis RSUD Banten Dipindah Ke Hotel Le Dian dan Le Semar 

Pemprov Banten menyewa 154 kamar

Kota Serang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Banten memindahkan mess atau tempat karantina tenaga medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten dari Pendopo Lama Gubernur Banten ke Hotel Le Dian dan Le Semar, Kota Serang per 6 April 2020. Di Hotel berbintang itu, Pemprov Banten menyewa 154 kamar.

“(Total) 154 kamar. Sebanyak 80 kamar di Le Dian dan 74 di Le Semar,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten Ati Pramudji H saat dikonfirmasi, Selasa (7/4).

1. Tak disampaikan berapa lama tenaga medis tinggal di hotel

Mess Tenaga Medis RSUD Banten Dipindah Ke Hotel Le Dian dan Le Semar IDN Times/Khaerul Anwar

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Banten ini tak merinci berapa bulan kamar hotel itu disewa dan berapa tenaga medis per kamar, ia hanya memaparkan, bahwa harga kamar yang disewa mendapatkan diskon melalui sistem kerja sama dengan pihak hotel.

“Harga dispensasi (Rp) 350 ribu per malam sudah pajak include sarapan,” ujarnya.

2. Selain tinggal di hotel, meraka akan dapat insentif

Mess Tenaga Medis RSUD Banten Dipindah Ke Hotel Le Dian dan Le Semar IDN Times/Khaerul Anwar

Selain melakukan karantina, sejak awal pihaknya sudah memutuskan untuk memberikan insentif kepada tenaga medis dan nonmedis di RSUD Banten. Besaran insentif yang diberikan bervariasi tergantung jabatan masing-masing.

“Sejak ramai corona kami sudah melakukan berbagai persiapan. Kami menunjuk RSUD Banten jadi RS khusus COVID-19," ucapnya.

Baca Juga: Mulai Hari ini, RSUD Banten Siap Layani PDP COVID-19

3. RSUD Banten merawat 136 pasien COVID-19

Mess Tenaga Medis RSUD Banten Dipindah Ke Hotel Le Dian dan Le Semar IDN Times/Khaerul Anwar

Disampaikan Ati, hingga saat ini RSUD Banten sebagai RS pusat rujukan corona telah merawat 136 pasien. Dari jumlah tersebut 124 merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) dan 12 kasus terkonfirmasi positif.

"Sebanyak 99 pasien masih dirawat, 18 sembuh dan 19 meninggal dunia. 19 pasien yang meninggal dunia itu, 17 yang PDP dan 2 dari kasus konfirmasi positif corona," jelasnya. 

Lebih lanjut dia juga menjelaskan bahwa mereka yang dirawat di RSU Banten merupakan rujukan dari RS rujukan lainnya di Banten dengan gejala berat.

Baca Juga: Duh, Tempat Tidur Tenaga Medis RSUD Banten di Lantai dan Berdempet

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya