Nama Al Muktabar Masuk Kandidat Pj Gubernur Banten Usulan DPRD

Kemendagri minta DPRD siapkan 3 nama calon pj gubernur

Serang, IDN Times - Nama Al Muktabar mencuat menjadi salah satu kandidat calon Penjabat (PJ) Gubernur Banten yang diusulkan DPRD Banten ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Jabatan Al Muktabar sebagai Pj Gubernur Banten akan berakhir pada 12 Mei 2023. 

Dalam surat Kemendagri tertanggal 27 Maret 2023 ditujukan ke Ketua DPRD Provinsi Banten, menyebut DPRD Banten diminta mengusulkan tiga nama calon pj gubernur paling lambat ke Kemendagri pada 6 April 2023.

Nama-nama itu untuk menjadi pertimbangan presiden dalam menetapkan pj gubernur.

Baca Juga: Daftar Kekayaan Bakal Calon Gubernur Banten 2024, Ada Orang Lama Nih

1. DPRD Banten mengaku tidak memiliki waktu melakukan uji kelayakan

Nama Al Muktabar Masuk Kandidat Pj Gubernur Banten Usulan DPRDIDN Times/Khaerul Anwar

Ketua DPRD Banten Andra Soni mengatakan, pihaknya ada keterbatasan waktu untuk menyaring nama yang memenuhi kriteria calon Pj gubernur, terutama yang berlatar belakang eselon I sehingga sulit jika harus melakukan uji kelayakan.

"Karena kalau bicara siapa yang kita kenal di level eselon I, saya bisa meyakini bahwa 85 anggota DPRD (Banten) itu belum tentu satupun kita kenal," kata Andra usai menggelar rapat pimpinan soal usulan nama pj gubernur di kantornya, Rabu (29/3/2023).

2. Nama Al Muktabar menjadi salah satu kandidat yang diusulkan

Nama Al Muktabar Masuk Kandidat Pj Gubernur Banten Usulan DPRDIDN Times /Khaerul Anwar

Sehingga tidak menutup kemungkinan, Lanjut Andra, DPRD Banten mengusulkan nama Al Muktabar untuk kembali menjabat sebagai Pj Gubernur Banten. Sebab, pejabat eselon I yang dikenal oleh legislator di tanah Jawara.

"Sehingga catatan kita terkait dengan Al Muktabar ya muncul, nama beliau juga masih muncul, nama yang lain belum ada yang muncul," katanya.

3. Pimpinan DPRD Banten masih menunggu masukan dari fraksi partai dan tokoh masyarakat

Nama Al Muktabar Masuk Kandidat Pj Gubernur Banten Usulan DPRDPenjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar saat bersama Dekan Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia, Prof Ari Fahrial Syam, di Gedung Negara Provinsi Banten, Kota Serang, Kamis (2/3/2023). (Dok. Pemprov Banten)

Kendati demikian, Andra masih menunggu masukan dari masing-masing fraksi partai politik di DPRD Banten dan tokoh masyarakat terkait tiga nama yang akan diusulkan ke Kemendagri untuk menjadi calon Pj Gubernur Banten selanjutnya.

"Makannya kita perlu waktu untuk menginventarisir usulan masukan-masukan, baik dari masyarakat dari mana aja kita menerima," katanya.

Baca Juga: Segini Kekayaan 'Bos' Pajak di Banten dan Pj Gubernur

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya