Ombudsman Banten: 3 Pekan, Beras SPHP Kosong di Tingkat Pedagang

Stok beras SPHP Bulog kosong?

Serang, IDN Times - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten menemukan,  tidak ada pengiriman beras Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) ke pedagang selama tiga pekan terakhir.

Akibatnya, stok beras dari Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Serang itu kosong di pasaran. Hal itu didapati Ombudsman Provinsi Banten saat melakukan sidak ke Pasar Induk Rau, Kota Serang dalam beberapa hari.

“Beras yang berasal dari Bulog sudah dua minggu lebih belum ada pengiriman. Informasinya belum ada stok di Bulognya," kata Ketua Ombudsman Banten, Fadli Afriadi pada Senin (1/4/2024).

Baca Juga: Bansos Beras Dadakan Jelang Pemilu

1. Sidak dilaksanakan untuk memastikan pasokan dan harga beras

Ombudsman Banten: 3 Pekan, Beras SPHP Kosong di Tingkat PedagangDok. Istimewa/ombdsman

Beras SPHP adalah beras yang digulirkan pemerintah melalui Perum Bulog sejak 2023 sebagai program stabilisasi pasokan dan harga pangan. Beras ini berasal dari beras cadangan pemerintah (CBP) di gudang Perum Bulog.

“Sidak ini dilakukan untuk memastikan bahwa ketersediaan pasokan pangan itu aman, terutama beras. Selain pasokannya yang aman harganya juga kami pantau apakah masih tinggi atau sudah ada penurunan,” kata dia.

2. Panen raya, harga beras mulai turun di pasar

Ombudsman Banten: 3 Pekan, Beras SPHP Kosong di Tingkat PedagangDok. Istimewa/Ombudsman

Berdasarkan hasil pengawasan tersebut, harga beras terpantau mulai turun. Hal ini terlihat dari harga yang ditawarkan oleh pedagang untuk beras medium di kisaran harga Rp14.000 per kilogram (kg).

"Penyebab penurunan harga beras tersebut dikarenakan sudah mulai banyaknya stok beras yang berasal dari oetani di daerah Serang dan sekitarnya yang sudah panen," kata Fadli.

3. Ombudsman akan mengawasi dan monitoring Bulog

Ombudsman Banten: 3 Pekan, Beras SPHP Kosong di Tingkat PedagangAntrian warga membeli beras SPHP di salah satu kios di pasar Besar Ngawi masih berjibun. IDN Times/ Riyanto

Khusus untuk pasokan beras Bulog, Ombudsman Banten akan melakukan pengawasan dan monitoring lebih lanjut, terkait  tidak adanya pasokan dari Bulog kepada pedagang selama hampir tiga pekan.

"Untuk memastikan penyebab Bulog tidak bisa memasok kepada pedagang, karena dengan adanya beras SPHP ini bisa menstabilkan harga beras,” katanya.

Baca Juga: Berburu Baju Lebaran di Banten Creative Festival, Ada Diskon 80 Persen

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya