PDIP: Duet Airin-Ade Bakal Deklarasi 14 Agustus 2024

PDIP upayakan menghindari calon tunggal di Pilgub Banten

Serang, IDN Times - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Banten bakal mengusung pasangan Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Rencana deklasi direncanakan digelar pekan depan.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan, Asep Rahmatullah mengklaim, partainya dan Golkar telah sepakat untuk mengusung mantan Wali Kota Tangerang Selatan dan mantan Wakil Bupati Lebak tersebut.

"Kami bisa berangkat mencalonkan Bu Airin dengan Pak Ade Sumardi. Deklarasi rencana tanggal 14 Agustus 2024," kata Asep saat ditemui di kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, Rabu (7/8/2024).

Baca Juga: Adu Kuat Andra-Dimyati Versus Airin di Pilgub Banten

1. PDI Perjuangan dan Golkar ingin menghindari calon tunggal di Pilgub Banten

PDIP: Duet Airin-Ade Bakal Deklarasi 14 Agustus 2024IDN Times/Khaerul Anwar

Dia mengatakan langkah ini diambil untuk menghindari adanya calon tunggal dalam kontestasi Pilgub Banten, di mana saat ini mayoritas partai politik mendukung pasangan Andra Soni dan Ahmad Dimyati Natakusumah.

"Ya namanya dinamika politik biasa, di Banten gak bakallah (calon tunggal), kita bakal berupaya gak ada lawan kotak kosong," katanya.

Baca Juga: 10 Parpol Deklarasi Dukung Andra Soni-Dimyati Natakusumah

2. PDI Perjuangan tak gentar lawan koalisi gemuk

PDIP: Duet Airin-Ade Bakal Deklarasi 14 Agustus 2024Bakal Calon Gubernur Banten 2024 Andra Soni. (IDN Times/Khaerul Anwar)

Pasangan Andra - Dimyati telah resmi mendapatkan tiket pencalonan di Pilgub Banten karena didukung mayoritas partai politik. Hingga saat ini sudah sepuluh partai yang mendukung. Ke-10 partai politik itu, yakni Partai Gerindra, PKS, Demokrat, NasDem, PKB, PAN, PPP, PSI, Garuda, dan Prima.

Kendati demikian, Asep mengaku, pihaknya tak akan gentar menghadapi koalisi gemuk yang digagas Partai Gerindra dalam Koalisi Banten Maju tersebut. "Ini kan kedaulatannya ada di tangan rakyat, partai politik hanya mengantarkan saja," katanya.

3. Golkar tak menampik adanya rencana deklarasi itu

PDIP: Duet Airin-Ade Bakal Deklarasi 14 Agustus 2024Ketua Umum PP KPPG Airin Rachmi Diany saat mendeklarasi dukungan terhadap Airlangga Hartarto jadi ketum partai para munas partai di bulan Desember 2024 mendatang. (IDN Times/Amir Faisol)

Saat dikonfirmasi, Wakil Ketua Bidang Komunikasi DPD Partai Golkar Banten, Amrin Nur tak menampik bakal mengusung Airin dengan Ade Sumardi dan bakal segera menggelar deklarasi pasangan tersebut sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2024.

"Bismillah, tunggu saja," kata Amrin saat dikonfirmasi malalui telepon seluler.

Baca Juga: Gerindra Tugaskan Andra Soni Maju Pilgub Banten, Saingi Airin?

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya