Pelabuhan Ciwandan Cuma Bisa Tampung 800 Pemudik Motor 

Jalur ini mulai dioperasikan H-7 lebaran

Serang, IDN Times - Pelabuhan Ciwandan sudah siap melayani arus mudik Lebaran 2023. Pelabuhan milik PT Pelindo II Regional Banten itu telah menyiapkan tiga dermaga dengan kapasitas daya tampung untuk 800 unit sepeda motor dan sekitar 100 truk.

Pada H-7 Lebaran atau 15 April 2023, 3 dermaga di Pelabuhan Ciwandan itu sudah bisa digunakan untuk arus mudik Lebaran 2023.

Baca Juga: Pemprov: Jalur Mudik di Banten Siap Digunakan H-7 Lebaran

1. Dua dermaga untuk motor, satu untuk logistik

Pelabuhan Ciwandan Cuma Bisa Tampung 800 Pemudik Motor Arus kapal pada pelabuhan Pelindo I mengalami peningkatan pada SemesterI 2021. (DOK: Pelindo I)

Manajer Komersial PT Pelindo Regional 1 Banten Irtanto Armawan mengatakan, tiga dermaga yang telah disiapkan untuk mengangkut pemudik motor dan truk logistik, yakni Dermaga 5A, dermaga 3, dan dermaga 7.

"Nantinya Dermaga 3 dan 7 untuk sepeda motor dan Dermaga 5A untuk truk logistik,” kata Irtanto, Kamis (6/4/2023).

2. Mesin taping tiket sudah mulai disiapkan

Pelabuhan Ciwandan Cuma Bisa Tampung 800 Pemudik Motor Pemudik bersepeda motor dengan membawa anak antre menunggu giliran masuk ke kapal "Roll on-Roll off" (RoRo) untuk menyeberang ke Pulau Sumatera di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (27/4/2022) (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Saat ini, dia menambahkan, PT ASDP Indonesia Ferry sudah mulai menyiapkan mesin taping tiket dan pemasangan barrier di area Pelabuhan Ciwandan.

Sementara untuk posko Lebaran, pihaknya bekerja sama dengan ASDP, BPTD, Pemkot Cilegon, maupun kepolisian. “Sebanyak 4 unit posko nanti disiapkan di dalam pelabuhan,” katanya.

3. Ada 11 kapal yang disiapkan mengangkut pemudik di Pelabuhan Ciwandan

Pelabuhan Ciwandan Cuma Bisa Tampung 800 Pemudik Motor Ratusan kendaraan pribadi yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera terjebak kemacetan di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (27/4/2022). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Sementara, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat  atau BPTD Wilayah VIII Banten Handjar Dwi Antoro mengatakan, di Pelabuhan Ciwandan sendiri disiapkan 11 Kapal Motor Penumpang (KMP) dan 3 kapal laut untuk melayani arus mudik.

“Sebanyak 11 kapal penumpang KMP Kumala, KMP Trimas Fadhila, KMP Panorama Nusantara, KMP Titian Nusantara, KMP Athaya, KMP Raja Rakata, KMP Amadea, KMP Rishel, KMP Wira Artha, KMP Royce, KMP ALS Elvina. Sementara 3 kapal laut, KM Dobonsolo, KM Mutiara Sentosa 2, KM Ferindo 4,” katanya.

Baca Juga: Bawa Kabur Uang Majikan Rp20 Juta, ART di Tangerang Ditangkap Polisi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya