Pelabuhan Merak Mulai Kembali Layani Motor dan Truk Hari Ini 

Saat arus balik bakal kembali dialihkan ke Ciwandan dan BBJ

Serang, IDN Times - Pelabuhan Merak, Kota Cilegon kembali melayani kendaraan roda dua atau motor dan truk mulai hari ini (10/4/2024). Sebelumnya, layanan itu sempat dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) Bojonegara selama arus mudik Lebaran 2024.

Hal tersebut sesuai dengan surat keputusan bersama (SKB) Dirjen Hubdat Kemenhub, Kakorlantas Polri dan Dirjen Bina Marga. SKB itu m tentang pengaturan lalulintas jalan serta penyeberangan selama masa arus mudik dan arus balik angkutan Lebaran 2024.

"Sejak 10 April 2024 sampai dengan nanti 11 April 2004 jam 23.59 WIB, kendaraan sudah dioperasikan normal melalui Merak-Bakauheni," kata Kepala Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak ASDP Merak, Putu Widyatmaja saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Banyak Persoalan di Mudik 2024, Pelabuhan Ciwandan Disorot Ombudsman

1. Pelabuhan Ciwandan dioperasikan melayani motor dan truk sejak 3 April lalu

Pelabuhan Merak Mulai Kembali Layani Motor dan Truk Hari Ini Pelabuhan Merak, Banten. (dok. ASDP)

Berdasarkan DKB itu, sejak 3 April 2024 pukul 00.00 WIB Pelabuhan Ciwandan dioperasikan untuk menyeberangkan pemudik tujuan Sumatra, khusus motor dan truk sembako. Sedangkan, BBJ Bojonegara, Kabupaten Serang hanya dioperasikan untuk menyeberangkan truk angkutan barang.

"Dua pelabuhan ini diperbantukan untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak yang hanya melayani kendaran roda empat dan bus," katanya.

2. Motor kembali dialihkan ke Ciwandan saat arus balik

Pelabuhan Merak Mulai Kembali Layani Motor dan Truk Hari Ini Pelabuhan Ciwandan (IDN Times/Khaerul Anwar)

Kendati demikian, saat arus balik lebaran nanti, Pelabuhan Ciwandan dan BBJ akan kembali diperbantukan kembali layani pemudik yang akan kembali ke tempat perantauannya.Terhitung mulai tanggal 12 April 2024 pukul 00.00 hingga 16 April pukul 24:00 WIB.

"Sesuai dengan SKB dibagi kembali ke masing-masing pelabuhan sesuai dengan golongannya pada SKB," katanya.

3. Sebanyak 682.657 pemudik tinggalkan Jawa ke Sumatera melalui pelabuhan

Pelabuhan Merak Mulai Kembali Layani Motor dan Truk Hari Ini IDN Times/Khaerul Anwar

Untuk diketahui, berdasarkan data posko angkutan Merak, total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-7 hingga H-2 tercatat 682.657 orang.

Untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 159.866 unit. Angka itu naik enam persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 151.007 unit.

Baca Juga: Cerita Pemudik, Terjebak Macet 12 Jam di Jalan Menuju Pelabuhan Merak

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya