419 Pemilih di Banten Terkonfirmasi COVID-19

Data dikhawatirkan terus bertambah

Serang, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten merilis jumlah pemilih terkonfirmasi COVID-19 sebanyak 419 orang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Jumlah tersebut merupakan hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU empat kabupaten/kota.

"Data per saat ini dan masih akan terus bertambah karena pendataan sampai Rabu (9/12/2020)," kata Komisioner KPU Banten Eka Setya Laksmana saat dikonfirmasi, Selasa (8/12/2020).

Baca Juga: Debat Perdana, Tatu-Pandji dan Nasrul-Eki Paparkan Visi Misi

1. KPU akan tetap memfasilitasi hak suara pasien COVID-19

419 Pemilih di Banten Terkonfirmasi COVID-19Ilustrasi pilkada serentak (IDN Times/Mardya Shakti)

Eka mengatakan, KPU akan memfasilitasi warga yang menderita COVID-19 bisa ikut memilih pemimpin daerah. KPU akan menyiapkan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di rumah sakit dan tempat isolasi pasien COVID-19 yang disediakan pemerintah daerah. Mereka dilarang untuk mendatangi tempat pemungutan suara (TPS).

Dari sebanyak 419 orang terpapar COVID-19 tersebut sebanyak 85 orang dari Kabupaten Pandeglang, sebanyak 276 orang Kabupaten Serang, sebanyak 20 orang Kota Cilegon dan sebanyak 38 orang Kota Tangerang Selatan.

"Untuk teknis memilih, perlakuannya sama seperti pasien umum hanya untuk yang COVID, petugas menggunakan APD lengkap," katanya.

2. Pasien di luar daerah dan isolasi mandiri terancam tak dapat hak suara

419 Pemilih di Banten Terkonfirmasi COVID-19Ilustrasi pasien COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa

Dikonfirmasi terpisah, Komisioner KPU Cilegon Eli Jumaeli untuk pasien yang menjalani isolasi tempat karantina yang disediakan oleh pemerintah daerah, pihaknya akan menyiagakan tiga orang petugas. Namun, untuk pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri dan pasien yang dirawat di luar daerah-- seperti di RSUD Banten serta Wisma Atlet-- sulit untuk difasilitasi karena kesulitan mencari data dan memjangkau lokasi.

"Yang isolasi mandiri kan sulit karena mereka tidak lapor dan luar daerah itu di luar kemampuan kita. Difasilitasi pukul 12-13 WIB tidak memungkinkan karena waktunya terbatas hanya satu jam," katanya.

Baca Juga: Visi Misi Empat Paslon di Pilkada Kota Cilegon 

3. Data pasien COVID-19 di daerah yang gelar pilkada

419 Pemilih di Banten Terkonfirmasi COVID-19Ilustrasi pasien COVID-19. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Kesehatan Provinsi Banten, jumlah warga yang padien COVID-19 yang masih dirawat di wilayah yang akan menggelar pilkada. Berikut datanya:
1. Kota Tangerang Selatan sebanyak 436 orang

2. Kota Cilegon sebanyak 89 orang

3. Kabupaten Serang sebanyak 287 orang

4. Pandeglang sebanyak 42 orang.

Baca Juga: Jelang Debat Pilkada Tangsel Nanti Malam, Simak Visi Misi 3 Paslon

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya