Pemudik Roda Dua Membeludak di Pelabuhan Ciwandan, Antrean Capai 1 Km 

Hampir tiga jam antrean tak kunjung masuk kapal

Serang, IDN Times - Volume kendaraan pemudik roda dua yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera via Pelabuhan Ciwandan membeludak pada Sabtu (6/4/2024) dini hari.

Pantauan IDN Times pukul 02.40 WIB, antrean panjang kendaraan roda dua terjadi dari kantung parkir hingga ke buffer zone tambahan mencapai hampir satu kilometer.

Pemudik mulai memadati Pelabuhan Ciwandan sejak Jumat (5/4/2024) malam. Diketahui, memang malam ini di Pelabuhan Ciwandan sudah memasuki puncak arus mudik.

Baca Juga: H-5 Lebaran, Arus Mudik di Pelabuhan Ciwandan Ramai Lancar

1. Hampir tiga jam antrean tak kunjung masuk kapal

Pemudik Roda Dua Membeludak di Pelabuhan Ciwandan, Antrean Capai 1 Km IDN Times/Khaerul Anwar

As'ari (29) salah satu pemudik dari Cikarang, Bekasi menuju Lampung Tengah mengaku sudah terjebak dalam antrean selama hampir tiga jam kurang. Bahkan, sudah dua jam lebih berlalu ia tak kunjung masuk ke loket tiket kapal dan menunggu naik ke kapal di kantung parkir utama.

"Ini saya nyampe sini jam 12 (malam) tadi, udah jam segini (02:31 WIB) ke loket tiket aja belum sampe," kata As'ari.

2. Tapi lebih parah tahun lalu sampai 8 jam baru masuk kapal

Pemudik Roda Dua Membeludak di Pelabuhan Ciwandan, Antrean Capai 1 Km IDN Times/Khaerul Anwar

Ini kali kedua dia melakukan perjalanan mudik melalui Pelabuhan Ciwandan. Baik yang tahun kemarin maupun yang yang sekarang kata dia, masih sama-sama terjebak antrean panjang.

"Tapi tahun lalu lebih parah banget nyampe antre 8 jam baru naik kapal," katanya.

3. Puncak arus mudik diperkiran terjadi tiga hari ke depan

Pemudik Roda Dua Membeludak di Pelabuhan Ciwandan, Antrean Capai 1 Km IDN Times/Khaerul Anwar

Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim mengatakan, puncak arus mudik di Pelabuhan Ciwandan dan Merak sudah dimulai Jumat malam, 5 April 2024. Ia memprediksi puncak arus mudik akan berjalan hingga tiga hari ke depan pada Minggu (7/4/2024).

Abdul Karim juga menyampaikan, penjualan tiket hingga Sabtu (6/4/2024) pukul 00.00 WIB meningkat 70 persen atau kurang lebih sebanyak 6 ribu kendaraan di Pelabuhan Ciwandan dibanding penjualan tiket pada hari sebelumnya.

"Itu sampai jam 12 malam tapi nanti setelah jam 12 itu belum terekap namun terus sampai dengan subuh potensi peningkatannya," katanya.

Baca Juga: Polisi Beberkan Penyebab Antrean Panjang ke Pelabuhan Ciwandan  

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya